MUHIBAH AWALIYAH, . (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMMA-STEAM TERINTEGRASI DESIGN THINKING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
*ABSTRAK* --------- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran dilemma-STEAM terintegrasi design thinking pada materi asam basa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA 2 di SMAN 65 Jakarta sebanyak 36 peserta didik menjadi partisipan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, reflektif jurnal, tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar jawaban kerja peserta didik. Penelitian dilakukan dengan mengunakan implementasi model pembelajaran dilemma-STEAM terintegrasi design thinking di mana dalam penelitian ini terdapat lima tahapan dalam prosesnya yang terdiri atas Refleksi dan Emphatise; Eksplorasi dan Define; Elaborasi; Integrasi, Ideate, Prototype, dan Test; serta tahap terakhir yaitu Transformasi. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan topik asam basa menggunakan model pembelajaran dilemma-STEAM terintegrasi design thinking membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Terdapat tujuh aspek kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini dimana kualitasnya sebagian besar termasuk pada kategori “baik sekali” yaitu sebesar 64% pada aspek Mencari Solusi dan aspek Melakukan Evaluasi; sebesar 58% pada aspek Merumuskan Masalah dan aspek Menarik Kesimpulan; dan sebesar 44% pada aspek Identifikasi Masalah. Sedangkan pada aspek Memecahkan dan Menyelesaikan Masalah termasuk pada kategori “baik” sebesar 44% dan aspek Menganalisis Masalah termasuk pada kategori “cukup” yaitu sebesar 36%. Kualitas dari hasil kemampuan pemecahan masalah di atas berarti peserta didik dapat dan mampu memecahkan masalah dengan baik dan terstruktur dan dapat mengaitkan konsep asam basa yang benar ke dalam proyek STEAM yang telah dibuat secara berkelompok, namun pada aspek Menganalisis Masalah peserta didik belum cukup baik untuk menganalisis setiap data yang didapatkan dan hasil dari proses menjawab pertanyaan tidak ada kesesuaian dengan masalah yang dikaji serta masih terfokus pada hasil jawaban akhir dari permasalahan yang diberikan. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, dilemma-STEAM terintegrasi design thinking, Asam Basa, STEAM project *ABSTRACT* --------- This research aims to develop students' problem solving skill through dilemma-STEAM model integrated with design thinking in acid-base. This research was conducted on the 2nd semester of 2023/24 academic year. thirty-six 11th grade students from XI IPA 2 in SMAN 65 Jakarta were selected as samples. Case study of qualitative method was used in this research. Data was obtained through observation, interview, journal reflective, problem solving skill test, and students' learning sheet. This research has 5 steps consisted of reflection and emphatize; exploration and define; elaboration; integration, ideate, prototype, and test; and trasformation. There are seven aspects of problem-solving ability used in this study where the quality is primarily included in the "very good" category, namely 64% in the aspect of Finding Solutions and aspects of Conducting Evaluation; 58% in the aspect of Formulating Problems and aspects of Drawing Conclusions; and 44% on the Problem Identification aspect. Whereas the aspects of Solving and Resolving Problems are included in the "good" category by 44% and the Analyzing Problems aspect is included in the "enough" category, namely by 36%. The quality of the results of the problem-solving abilities above means that students can and are able to solve problems properly and structured and can relate correct acid-base concepts to STEAM projects that have been made in groups, but in the aspect of analyzing problems students are not good enough to analyze any data obtained and the results of the process of answering questions are not in accordance with the problems being studied and are still focused on the results of the final answer to the problems given. Keywords: Problem solving skill, dilemma-STEAM integrated with design thinking, acid-base, STEAM project
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. 2) Elma Suryani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 20167 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:18 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41437 |
Actions (login required)
View Item |