PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK “PANJAT TEBING” SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK ANGGOTA BARU DI KMPA EKA CITRA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FAIZ ALTHOF, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK “PANJAT TEBING” SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK ANGGOTA BARU DI KMPA EKA CITRA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sumber belajar yang akan digunakan oleh anggota baru KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta pada materi dasar panjat tebing. Pengembangan sumber belajar ini menggunakan model pengembangan 4-D S.Thiagarajan 1974 yang memiliki 4 tahap, yaitu 1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), 4) Penyebaran (Disseminate) Dalam penelitian ini, proses evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dengan expert review yaitu, ahli materi, ahli media. Masukan dari ahli materi adalah memberikan uraian materi yang terbaru. Lalu, masukan dari ahli media adalah mengganti jenis font, ukuran spasi paragraph, memberikan penegasan dari kata kunci dan menampilkan sumber dari foto yang ditampilkan. Dalam penelitian ini, pada setiap bab dilengkapi dengan ujian formatif guna melihat hasil belajar peserta didik pada bab tersebut. Uji coba pengembangan dilakukan hanya sampai dengan teknik One to One. Hasil pengembangan sumber belajar dapat disimpulkan bahwa ke-efektifan hasil belajar melalui modul elektronik mendapatkan peningkatan yang signifikan. ***** This development research aims to produce a learning resource that will be used by new members of KMPA Eka Citra State University Jakarta on basic rock climbing material. The development of this learning resource uses the S.Thiagarajan 1974 4-D development model which has 4 stages, namely 1) Define, 2) Design, 3) Development (Develop), 4) In this study, the evaluation process was carried out using formative evaluation with expert review, namely, material experts, media experts. Input from material experts is to provide the latest material descriptions. Then, input from media experts is to change the font type, paragraph spacing size, provide affirmation of keywords and display the source of the photos displayed. In this study, each chapter is equipped with a formative exam to see the learning outcomes of students in that chapter. The development trial was carried out only up to the One to One technique. The results of the development of learning resources can be concluded that the effectiveness of learning outcomes through electronic modules has increased significantly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). KUNTO IMBAR NURSETYO, S.Pd, M.Pd ; 2). RETNO WIDYANINGRUM, S.Kom, MM
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19525 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:03
Last Modified: 06 Sep 2023 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41445

Actions (login required)

View Item View Item