PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDIT AL-HAYYAN

GHINAA QONITA, . (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDIT AL-HAYYAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hayyan Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus/ spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan observasi, melakukan tes akademik, dan melakukan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tes akademik dari proses pembelajaran menggunakan model Inkuiri Terbimbing pada siklus I adalah 46,5%, dan siklus II meningkat menjadi 76,92%. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh hasil persentase pada siklus I yaitu sebesar 75% meningkat menjadi 88,88%. Kemudian untuk hasil pemantauan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh hasil 62,5% meningkat menjadi 77,77% yang termasuk dalam kategori baik dan telah memenuhi standar keberhasilan. Persentase yang diperoleh sudah mencapai target yang diharapkan yaitu 75% dari indicator yang telah terlaksana. Maka dapat disimpulkan penggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. ***** This research aims to improve learning outcomes in Natural Science learning through the Guided Inquiry learning model for grade V students. This research was carried out at Al-Hayyan Integrated Islamic Elementary School, East Jakarta. The subjects of this study were 13 grade V students in the second semester of the 2022/2023 academic year. The method used in this study is Classroom Action Research using a cycle / spiral model from Kemmis and Mc.Taggart. The data collection techniques used are observation, conducting academic tests, and doing documentation. The results of this study showed that the academic test results of the learning process using the Guided Inquiry model in cycle I were 46.5%, and cycle II increased to 76.92%. The results of observations of teacher activities obtained percentage results in the first cycle, which was 75%, increasing to 88.88%. Then for the results of monitoring student activities in the first cycle, 62.5% results increased to 77.77% which were included in the good category and had met success standards. The percentage obtained has reached the expected target, which is 75% of the indicators that have been implemented. So it can be concluded that the use of the Guided Inquiry model can improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2) Drs. AR Supriatna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20146 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 23:14
Last Modified: 06 Sep 2023 23:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41521

Actions (login required)

View Item View Item