PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMPN 110 JAKARTA BERBASIS WEBSITE

LITA AYU RAMADHINA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMPN 110 JAKARTA BERBASIS WEBSITE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* ----------- Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar dengan mengkomunikasikan informasi, konsep, atau materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika khususnya materi Computational Thinking di SMPN 110 Jakarta. Muatan Informatika di kurikulum merdeka ada lima cakupan materi yang diajarkan kepada siswa, yaitu teknik komputer, jaringan komputer atau internet, analisis data, dampak sosial informatika, hingga pemrograman. Semua materi tersebut dapat dicapai bila siswa dapat memahami konsep dari Computational Thinking, sehingga pemahaman dan penguasaan terhadap Computational Thinking sangat membantu siswa untuk dapat mencapai kompetensi-kompetensi dasar dari lima materi pokok. Media pembelajaran Computational Thinking dikembangkan menggunakan metode SDLC dengan model waterfall. Tahap implementasi menggunakan konsep MVC dengan bantuan framework Laravel. Pada metode pengujiannya memakai alpha testing menggunakan black box untuk menguji fungsionalitas sistem dan beta testing menggunakan skala likert untuk menguji kebergunaan sistem. Pada black box testing memperoleh hasil fungsionalitas 100%, maka dapat disimpulkan bahwa fitur yang terdapat pada sistem tersebut berjalan dengan baik sesuai hasil yang diharapkan, sedangkan untuk pengujian beta testing menggunakan teknik analisis skala likert memperoleh hasil kebergunaan 96,2% maka dapat disimpulkan nilai kebergunaan pada sistem ini mendapatkan predikat sangat sesuai. *ABSTRACT* --------- Learning media is a tool used to support the teaching and learning process by communicating information, concepts, or learning materials to students. This research aims to develop website-based learning media as an effort to improve the learning achievement of seventh grade students in Informatics subjects, especially Computational Thinking material at SMPN 110 Jakarta. Informatics content in the independent curriculum has five scopes of material taught to students, which are computer engineering, computer networks or the internet, data analysis, the social impact of informatics, and programming. All of these materials can be achieved if students can understand the concept of Computational Thinking, therefore that understanding and mastery of Computational Thinking really helps students to be able to achieve the basic competencies of the five main materials. Computational Thinking learning media is developed using SDLC method with waterfall model. The implementation stage uses the MVC concept with the help of the Laravel framework. The testing method uses alpha testing using black box to test system functionality and beta testing using Likert scale to test system usability. In black box testing obtained 100% functionality results, it can be concluded that the features contained in the system run well according to the expected results, while for beta testing using Likert scale analysis techniques obtained 96.2% usability results, it can be concluded that the usability value of this system gets a very suitable predicate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Mulyono, M.Kom. ; 2) Ari Hendarno, S.Pd., M.Kom.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: FMIPA > S1 Ilmu Komputer
Depositing User: Users 20027 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:48
Last Modified: 07 Sep 2023 04:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41528

Actions (login required)

View Item View Item