PENGEMBANGAN BUKU MATERI PELATIHAN BASIC HELPING SKILLS BAGI GURU BK UNTUK DIGUNAKAN PADA PENDIDIK SEBAYA DAN KONSELOR SEBAYA PIK REMAJA SMKN JAKARTA

MUHAMMAD ALIEF SANDIKA, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU MATERI PELATIHAN BASIC HELPING SKILLS BAGI GURU BK UNTUK DIGUNAKAN PADA PENDIDIK SEBAYA DAN KONSELOR SEBAYA PIK REMAJA SMKN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media buku materi pelatihan Basic Helping Skills bagi guru BK untuk digunakan pada Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya PIK Remaja SMKN 31 Jakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Educational Design Research yang termasuk ke dalam penelitian Design Based Research (DBR). Model Penelitian ini memiliki beberapa tahapan, yaitu Analisis & Eksplorasi dengan peneliti berkunjung ke lapangan dan berdiskusi dengan Pembina PIK Remaja dan Dosen Pembimbing, Desain & Konstruksi dengan peneliti mulai mendesain dari media yang dikembangkan, Evaluasi & Refleksi dengan melakukan uji ahli materi dengan kesimpulan layak diuji coba lapangan dengan saran dan media mendapat persentase sebesar 83,2% (Sangat Layak), serta uji keterbacaan oleh Pembina PIK Remaja SMKN 31 Jakarta mendapat persentase sebesar 84% (Sangat Layak). Penelitian dilakukan di SMKN 31 Jakarta sebagai tindak lanjut pemetaan keterampilan dasar untuk membantu (Basic Helping Skills) yang dimiliki oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya PIK Remaja SMKN 31 Jakarta. Menurut Rey Carr dan Judith A Tindall, Pendidik sebaya dan konselor sebaya harus memiliki keterampilan dasar untuk membantu (Basic Helping Skills) agar dapat membantu teman sebayanya secara efektif dan efisien. Jenis-jenis basic helping skills tersebut yang dimasukan ke dalam buku materi ini adalah attending skill, empathy skill, summarizing skill, questioning skill, genuineness skill, assertiveness skill, confrontation skill, dan problem solving skill. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket studi pendahuluan untuk memetakan keterampilan yang sudah dilatihkan oleh anggota PIK Remaja serta angket uji validasi untuk ahli materi, media, dan calon pengguna. Buku ini dapat digunakan oleh guru BK dan Pembina PIK Remaja untuk melatihkan basic helping skills untuk pendidik sebaya dan konselor sebaya PIK Remaja di sekolah. ***** The purpose of this research is to develop a media book of Basic Helping Skills training materials for counseling teachers to be used in Peer Educators and Peer Counselors of PIK Remaja SMKN 31 Jakarta. This research uses the Educational Design Research development model which is included in Design Based Research (DBR) research. This research model has several stages, namely Analysis & Exploration with researchers visiting the field and discussing with Youth PIK Advisors and Supervisors, Design & Construction with researchers starting to design from the developed media, Evaluation & Reflection by conducting a material expert test with the conclusion that it is feasible to test the field with suggestions and the media gets a percentage of 83.2% (Very Feasible), and the readability test by the Youth PIK Advisor of SMKN 31 Jakarta gets a percentage of 84% (Very Feasible). The research was conducted at SMKN 31 Jakarta as a follow-up to the mapping of basic helping skills possessed by peer educators and peer counselors of PIK Remaja SMKN 31 Jakarta. According to Rey Carr and Judith A Tindall, peer educators and peer counselors must have basic helping skills in order to help their peers effectively and efficiently. The types of basic helping skills included in this material book are attending skills, empathy skills, summarizing skills, questioning skills, genuineness skills, assertiveness skills, confrontation skills, and problem solving skills. Data collection was carried out using a preliminary study questionnaire to map the skills that have been trained by Youth PIK members and validation test questionnaires for material experts, media, and potential users. This book can be used by counseling teachers and PIK Remaja coaches to train basic helping skills for peer educators and PIK Remaja peer counselors in schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Karsih, M.Pd. ; 2) Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20324 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:39
Last Modified: 07 Sep 2023 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41600

Actions (login required)

View Item View Item