MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN PULUHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS IV A SLB NEGERI 7 JAKARTA)

WULAN SUCI HANDAYANI, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN PULUHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS IV A SLB NEGERI 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (964kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan puluhan melalui penggunaan media kantong bilangan pada peserta didik hambatan penglihatan di kelas IV A SLB Negeri 7 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik hambatan penglihatan Low Vision dan Totally Blind sebanyak 2 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data diperoleh dari hasil pengamatan selama tindakan berlangsung dan hasil tes soal penjumlahan bilangan puluhan pada tiap akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hasil yang diperoleh pada kemampuan awal belum mencapai nilai yang diharapkan yaitu 70. Pada siklus I terdapat peningkatan pada setiap peserta didik namun nilai yang diperoleh dengan rata-rata 50. Karena belum memenuhi nilai yang diharapkan maka dilanjutkan pada siklus II, semua subyek penelitian telah berhasil mendapatkan hasil yang diharapkan dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan uraian di atas, penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan puluhan dapat meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan. ***** This study aims to improve the learning outcomes of tens number addition calculation operations through the use of number bags media for students with visual impairments in class IV A SLB Negeri 7 Jakarta. The subjects of this study were 2 Low Vision and Totally Blind students. This research is a classroom action research with Kemmis and Mc Taggart model research design. The research was conducted in 2 cycles, each cycle consisting of planning, action and observation, and reflection. Data were obtained from observations during the action and the results of the tens addition test at the end of each cycle I and cycle II. The results showed an increase. The results obtained in the initial ability have not reached the expected value of 70. In cycle I there was an increase in each student but the value obtained was an average of 50. Because it has not met the expected value, it is continued in cycle II, all research subjects have succeeded in getting the expected results with an average value of 80. Based on the description above, the use of number bag media in learning the operation of tens addition can improve the learning outcomes of addition material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd. ; 2). Marja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20300 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 00:13
Last Modified: 07 Sep 2023 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41625

Actions (login required)

View Item View Item