PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL (PENELITIAN TINDAKAN DI SMPLB KEMBAR KARYA PEMBANGUNAN I JAKARTA)

DEVI LARASATI, . (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL (PENELITIAN TINDAKAN DI SMPLB KEMBAR KARYA PEMBANGUNAN I JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman operasi hitung perkalian dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada peserta didik hambatan intelektual ringan kelas VIII di SLB Kembar Karya Pembangunan I Jakarta. Penelitian dilaksanakan dari bulan Agustus 2022 hingga Juli 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri atas sepuluh pertemuan dan dibagi menjadi dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas tiga tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan dan (3) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik yang semula skor rerata kelas sebelum pemberian tindakan adalah 57,9 menjadi 73,3 rata-rata secara klasikal setelah pemberian tindakan pada siklus I, namun skor masing-masing belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, setelah adanya pemberian tindakan di siklus II, pemahaman peserta didik memperoleh peningkatan hasil sebesar 77,9 secara klasikal dan skor masing-masing individu sudah mencapai target yang telah ditetapkan sebesar 20 poin dengan menggunakan pendekatan RME. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan RME dapat dijadikan pilihan untuk pendekatan dalam pembelajaran di kelas dan dapat memfasilitasi kebutuhan peserta didik dalam kegiatan belajar, sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih aktif dan menarik. Kata Kunci: Pendekatan RME, Operasi Hitung Perkalian, Peserta Didik Hambatan Intelektual Ringan ***** This study aims to improve the understanding of multiplication calculation operations with the Realistic Mathematic Education (RME) approach for students with mild intellectual disabilities in class VIII at SLB Kembar Karya Pembangunan I Jakarta. The research was conducted from August 2022 to July 2023. This research is a classroom action research with the Kemmis and McTaggart model, which consists of ten meetings and is divided into two cycles. Each cycle consists of three stages, namely (1) planning, (2) implementation and observation, and (3) reflection. Data collection used test instruments and document studies. The results showed an increase in students' understanding which was initially the class average score before giving action was 57.9 to 73.3 classically averaged after giving action in cycle I. Still, each score had not reached the minimum completeness criteria of 70 after giving action in cycle II, students' understanding obtained an increase in results of 77.9 classically, and each score had reached the predetermined target of 20 points using the RME approach. These results show that the RME approach can be used as an option for approaches in classroom learning and can facilitate the needs of students in learning activities so that learning can be more active and exciting. Keywords: RME Approach, Multiplication Computation, Students with Mild Intellectual Disabilities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20258 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:05
Last Modified: 07 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41633

Actions (login required)

View Item View Item