PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENGASUHAN ANAK DI BKB DAHLIA KALIABANG TENGAH

LULU MAULIDATUN KHASANAH, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENGASUHAN ANAK DI BKB DAHLIA KALIABANG TENGAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pengasuhan anak di Bina Keluarga Balita (BKB). Subjek dalam penelitian ini ialah ahli materi, ahli media dan 30 orang pengguna yang merupakan orang tua peserta dari Bina Keluarga Balita. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media diperoleh sebesar 75% dinyatakan dengan kriteria layak. Sedangkan uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 75% dengan kriteria layak. Serta hasil tanggapan yang dilakukan uji coba kepada pengguna mendapatkan hasil 83,42% dengan kriteria sangat layak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif serta uji kelayakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline ini layak untuk digunakan sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran bagi penyuluh dan peserta Bina Keluarga Balita (BKB) untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan kemampuan terkait komunikasi pengasuhan anak usia balita. ***** This innovative research aims to develop web-based interactive learning media using articulate storylines to improve childcare communication skills in Toddler Family Development (BKB). The subjects in this study were material experts, media experts and 30 users which are parents of participants from Toddler Family Development. This study uses the research and development (R&D) method by adopting the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The findings of the media experts' feasibility test came back at 75%, which was certified acceptable by the standards. While the material experts' due diligence met the required standards with a percentage of 75%. Additionally, the responses from user trials yielded results of 83.42% with decent standards. Therefore, it can be concluded that web-based interactive learning media using articulate storylines is appropriate for use as a supporting tool in learning activities for extension workers and Toddler Family Development based on the processes and procedures for developing interactive learning media and the due diligence that has been carried out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Adi Irvansyah, M.Pd. ; 2). Jaenal Mutakim, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 20359 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:55
Last Modified: 07 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41647

Actions (login required)

View Item View Item