SEKOLAH ALTERNATIF ANAK JALANAN SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN (Studi Kasus: Sekolah Alternatif Anak Jalanan Jakarta Selatan)

GUSNIAR, . (2020) SEKOLAH ALTERNATIF ANAK JALANAN SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN (Studi Kasus: Sekolah Alternatif Anak Jalanan Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 4815151210.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan di sekolah alternatif anak jalanan. Melalui pendidikan yang diberikan oleh sekolah alternatif anak jalanan sebagai sarana pendidikan untuk masyarakat miskin. Sulitnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari menyebabkan anak dari keluarga miskin tidak bersekolah dan putus sekolah maka dari itu sekolah alternatif anak jalanan memberikan akses pendidikan melalui pendidikan gratis. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sekolah alternatif anak jalanan yang terdiri dari pembina, kepala sekolah, guru, dan koordinator bimbingan belajar, anak-anak didik sekolah alternatif anak jalanan yang berasal dari keluarga miskin, serta informan kuncinya adalah orang tua, alumni dan ketua RT 02. Konsep untuk menganalisis data yang digunakan yaitu konsep struktural fungsional (AGIL) Talcott Parsons. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pendidikan yang diberikan oleh sekolah alternatif anak jalanan melalui kelas belajar tingkat taman kanak-kanak dan bimbingan belajar tingkat SD hingga SMA. Sekolah alternatif anak jalanan juga melakukan adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi dan pemeliharaan pola sehingga keberlangsungan pendidikan yang diberikan sekolah alternatif anak jalanan berdampak besar bagi masyarakat miskin. Adaptation yang dilakukan oleh sekolah alternatif anak jalanan yaitu perizinan, sosialisasi dan kegiatan yang melibatkan masyarakat. Goal Attaitment sekolah alternatif anak jalanan yaitu mewujudkan terciptanya pemerataan dan keadilan pendidikan bagi lapisan masyarakat prasejahtera. Integration sekolah alternatif anak jalanan yaitu membangun kesadaran diri antar pengurus dengan membuat struktur kepengurusan, dan membiasakan anak didik belajar secara kelompok. Latency sekolah alternatif anak jalanan yaitu hukuman dan hadiah kepada anak didik untuk meningkatkan semangat belajar. This study aims to describe the implementation of education in alternative school of street children. Through education programs provided by alternative school of street children as a means of education for the poor. Difficulties to meet their daily needs cause children from poor families do not go toschool and drop out school and therefore alternative school of street children provide access to education throughfree education.This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques used were interviews, observation, documentation and literature study. The subjectsuse in this study were the alternative school children of street consisting of mentors, school principals, teacher and tutoring coordinators, alternative school children of street who comes from poor families, alumni and RT 02 leaders.Concepts for analyzing data uses is the functional structural concept (AGIL)Talcot Parsons.Based on the results of the study,the implementation of education provided by alternative schoolof street childrenthrough kindergarten level learning classes and tutoring at elementary to high school levels. Alternative school of street children also adapt, goal attaitemnet, integration and latency so that the sustainability of education provided by alternative school of street children has a major impact on the poor. Adapation isdone by alternative school of street children namely licensing, socialization and activities that involve the community. Goal attaitment aternative school of street children is to realize the creation of equity and educational justice for the underprivileged layers of society. Integration of alternative school of street children is to build self-awareness among administrators by creating a managemebt structure, and familiarizing students with group learning. Latency alternative school of street children ispunishment and rewards to students to increase learning enthusiasm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Evy Clara, M.Si. ; 2) Achmad Siswanto, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 1278 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 10:18
Last Modified: 12 Mar 2020 10:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item