PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI LEARNING OBJECT MATA KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

LUCKY OKTAVIANTO NURDIN, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI LEARNING OBJECT MATA KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan video motion graphic sebagai Learning Object untuk memfasilitasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan video motion graphic ini menggunakan model pengembangan Rapid prototyping. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu analisis kebutuhan & analisis konten, menentukan tujuan pembelajaran, membuat prototipe produk, uji coba prototipe, dan instalasi produk. Hasil pengembangan berupa produk video motion graphic yang dipasang dalam LMS Online Learning UNJ. Teknik evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif, dengan melibatkan ahli (expert review) yaitu ahli media dan ahli materi, serta pengguna yaitu mahasiswa. Hasil expert review dari ahli media memperoleh skor 3,52 (sangat baik) dan masukan dari ahli materi secara kualitatif. Hasil evaluasi pengguna secara one to one memperoleh skor 3,39 (sangat baik) dan small group memperoleh skor 3,64 (sangat baik). Hasil dari evaluasi formatif menunjukkan bahwa produk video motion graphic sangat baik dan layak dijadikan sebagai learning object pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. This development research aims to produce a motion graphic video as Learning Object to facilitate learning students in Evaluasi Hasil Belajar courses on Educational Technology study program at State University of Jakarta. The development for this motion graphic video used Rapid prototyping development model. This model consists of five stages, that is assess needs & analyze content, set objectives, construct prototype, utilize prototype, and install & maintain system. The results from this development are motion graphic videos product were installed to LMS Online Learning UNJ. The evaluation technique in this development research used formative evaluation, involved experts (expert review) include media expert and material expert, also students as user. The results from expert review obtained by media expert are 3,52 (very good) and qualitative inputs from material expert. The results obtained from user by one to one evaluation are 3,39 (very good) and small group evaluation are 3,64 (very good). The results from formative evaluation shows that motion graphic videos product are very good and proper to be used as learning object in Evaluasi Hasil Belajar courses on Educational Technology study program at State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyadi, M.Pd. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19576 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:34
Last Modified: 07 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41673

Actions (login required)

View Item View Item