UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA KELAS V SDN SRENGSENG SAWAH 11 JAKARTA SELATAN

SILVI CAHYATRI DWI KARISMA, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA KELAS V SDN SRENGSENG SAWAH 11 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis literasi sains pada siswa kelas V-C SDN Srengseng Sawah 11 Jakarta Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu Mei – Juli 2023 pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kurt Lewin dan dilakukan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Kemampuan berpikir kritis yang diharapkan harus mencapai kriteria keberhasilan sebesar ≥70 dengan target ketuntasan sebesar 80% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis literasi sains pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang ditandai dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada III siklus. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I meraih persentase sebesar 65,63%. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 87,5%. Pada siklus III kembali meningkat menjadi sebesar 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika pembelajaran berbasis literasi sains diterapkan, maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. ***** This study aims to improve students' critical thinking skills through the application of scientific literacy-based learning in class V-C SDN Srengseng Sawah 11 South Jakarta, with 32 total students. The research was conducted in the period May – July 2023 during the even semester of the 2022/2023 school year. The research method used in this study was Classroom Action Research which adapted Kurt Lewin's model and was carried out in three cycles where each cycle consisted of four stages including planning, action, observation and reflection. Critical thinking skills are expected to achieve success criteria of ≥70 with a completeness target of 80% of the total number of students. The results showed that there was an increase in students' critical thinking skills after applying scientific literacy-based learning in Natural Sciences content which was marked by increasing students critical thinking skills in III cycles. Students' critical thinking skills in cycle I achieved a percentage of 65.63%. In cycle II it increased to 87.5%. In cycle III it again increased to 93.75%. which been conclude that if scientific literacy-based learning is applied, it can improve students' critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd.; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19303 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:10
Last Modified: 08 Sep 2023 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41694

Actions (login required)

View Item View Item