Keaktifan Intelektual Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Metode Debat Aktif di Kelas V Sekolah Dasar

DESI TRI KUSUMADEWI, . and OTIB SATIBI HIDAYAT, M.Pd., . and A. R. SUPRIATNA, . (2023) Keaktifan Intelektual Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Metode Debat Aktif di Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METEDOLOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil literature jurnal peningkatan keaktifan intelektual siswa pada pembelajaran PPKn melalui metode debat aktif di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik meta-sintesis dengan metode systematic review dimana systematic review adalah suatu metode penelitian untuk melakukan identifikasi, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan digital library, screening hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, ekstraksi data dari hasil studi individual, sintesis hasil pencarian jurnal dengan meta-sintesis, dan penyajian hasil terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian. Systematic review adalah studi sekunder yang didapat dari hasil penelitian individu. Hasil penelitian ditemukan terdapat 16 jurnal yang lulus tahap seleksi. Berdasarkan penemuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode debat aktif mempengaruhi peningkatan keaktifan intelektual dengan proses berpikir kritis, berpikir rasional dan logis, percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, dan bertindak secara terarah dan mampu memecahkan masalah dalam isu materi. Berkaitan Hasil kesimpulan yang telah dianalisis dari berbagai jurnal oleh pengkaji, maka rata-rata peningkatan hasil dari penerapan metode debat aktif adalah ≥ 80% atau mencapai indikator pencapaian penilaian sebesar 80%. Maka pada analisis dari berbagai jurnal penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan keaktifan intelektual didalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar berhasil dalam segi pemahaman berpikir siswa serta memposisikan diri untuk ikut antusias selalu aktif didalam setiap pembelajaran dikelas. ***** This study aims to analyze the results of journal literature on increasing students' intellectual activity in Civics learning through the active debate method in grade V elementary school. This study uses a qualitative approach with data collection techniques used in this study is a meta-synthesis technique with a systematic review method where systematic review is a research method for identifying, developing research protocols, establishing digital libraries, screening relevant research results, selecting quality research results, extracting data from individual study results, synthesizing journal search results with meta-synthesis, and presenting the results of all relevant research results related to research questions, specific topics, or phenomena of concern. Systematic review is a secondary study obtained from individual research results. The results of the study found that there were 16 journals that passed the selection stage. Based on the findings of the research results, it can be concluded that the active debate method affects increasing intellectual activity with critical thinking processes, rational and logical thinking, confidence in expressing opinions, and acting in a directed manner and being able to solve problems in material issues. Regarding the results of the conclusions that have been analyzed from various journals by the reviewers, the average increase in results from the application of the active debate method is ≥ 80% or achieving an achievement indicator of an assessment of 80%. So in the analysis of various journals the application of the active debate method to increase intellectual activity in learning Civics in Elementary Schools is successful in terms of understanding students' thinking and positioning themselves to be enthusiastic, always active in every class lesson

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Orib Satibi Hidayat, M.Pd.; 2). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20462 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:06
Last Modified: 08 Sep 2023 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41783

Actions (login required)

View Item View Item