PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 92 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

BELLA RAMADHANTY PUTRI, . (2019) PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 92 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER - NIM.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (214kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Bella Ramadhanty Putri, PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 92 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media Kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-F yang berjumlah 36 peserta didik di SMP Negeri 92 Jakarta sejak bulan Maret sampai bulan April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar terjadi peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 42% (15 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 72 dengan rata-rata hasil belajar 68, siklus 2 menjadi 67% (24 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 72 dengan rata-rata hasil belajar 74, dan siklus 3 menjadi 83% (30 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 72 dengan rata-rata hasil belajar 83. Selain hasil belajar yang meningkat, keaktifan peserta didik setiap siklusnya juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 keaktifan peserta didik yang aktif dalam kemampuan bertanya 9%, menjawab 11%, berpendapat 14%, dan memecahkan masalah 14%. Lalu pada siklus 2 terjadi peningkatan keaktifan peserta didik yang aktif dalam kemampuan bertanya 22%, menjawab 17%, berpendapat 20%, dan memecahkan masalah 20%. Selanjutnya pada siklus 3 peserta didik yang aktif pada aspek kemampuan bertanya 64%, menjawab 61%, berpendapat 58%, dan memecahkan masalah 56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan meningkatkan keaktifan peserta didik pada siswa kelas VII-F di SMP Negeri 92 Jakarta. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Media Kahoot!, Hasil Belajar IPS ABSTRACT Bella Ramadhanty Putri, USE OF KAHOOT MEDIA TO INCREASE RESULT OF SOCIAL SCIENCES LEARNING: Classroom Action Research at VII-F Class in Junior High School of 92 Jakarta. Thesis. Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2019. This research aims to find out the use of Kahoot media to increase result of social sciences learning. This is researched in VII-F class with 36 students in Junior High School of 92 Jakarta since March to April 2019. The method used in this research is classroom action research that uses three cycles, each of cycles consists of four steps; Planning, Acting, Observing, and Reflecting. According to research, the learning result occurs enhancement each of cycle. In the first cycle as big as 42% (15 students) reaches score above minimum completeness criteria 72 with average of learning result 68, second cycle becomes 67% (24 students) reaching score above minimum completeness criteria 72 with average of learning result 74, and in the third cycle becomes 83% (30 students) reaching score above minimum completeness criteria 72 with average of learning result 83. Besides the increasing of learning result, student activiness of each cycle also improves, that's in first cycle of activity of active students in the ability to ask 9%, answer 11%, think 14%, and solve problems 14%. Then in second cycle there was an increase in activeness of students who were active in their ability to ask 22%, answer 17%, argue 20%, and solve problems 20%. Then in third cycle in cycle 3 students who are active in the aspect of ability to ask 64%, answer 61%, argue 58%, and solve problems 56%. It can be concluded that the use of Kahoot media can increase the result of social studies learning and increasing the activeness of students in VII-F class at Junior High School of 92 Jakarta. Keyword: Classroom Action Research, Kahoot media, Result of Social Sciences Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1097 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:47
Last Modified: 03 Mar 2020 14:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item View Item