IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR

MIUHAMMAD AMIN MUMTAZ, . (2023) IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi anak berkebutuhan khusus merupakan suatu cara untuk menemukan dan mengenali anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel 11 sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan jumlah 199 butir soal. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 105 anak yang teridentifikasi berkebutuhan khusus berdasarkan ciri-ciri dari instrumen yang dibuat yang terbagi menjadi 7 kekhususan dengan jumlah yang berbeda-beda di tiap sekolah dan tiap kekhususan. Kesimpulan adalah terdapat anak berkebutuhan khusus yang teridentifikasi bersekolah di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur sebanyak 105 anak. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk memberikan perhatian dan program khusus untuk anak agar mampu mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. ***** Identification of children with special needs is a way to find and recognize children with special needs. This study aims to obtain a description of children with special needs in primary schools that provide inclusive education in Pulo Gadung sub-district, East Jakarta. This study used a survey method with a sample of 11 elementary schools. Data collection was carried out using a questionnaire with a total of 199 items. Data analysis used descriptive statistical techniques. The results showed that there were 105 children identified with special needs based on the characteristics of the instrument made which were divided into 7 specialties with different numbers in each school and each specialty. The conclusion is that there are 105 children with special needs identified as attending school in Pulo Gadung District, East Jakarta.. This can be a consideration to provide special attention and programs for children to be able to get education according to their needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20445 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:00
Last Modified: 07 Sep 2023 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41812

Actions (login required)

View Item View Item