PENERAPAN PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA DINI 6 - 8 TAHUN

IMAM SUMANTRI, . (2020) PENERAPAN PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA DINI 6 - 8 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (145kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan permainan kelompok untuk meningkatkan gerak lokomotor terhadap anak usia dini 6-8 tahun. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan kelompok meningkatkan gerak lokomotor pada anak usia dini . Metode pengumpulan data pada skripsi ini yang dipakai adalah metodologi action research, yaitu pada pelaksanaanya dilakukan sebanyak dua siklus. Pengambilan data peserta dimulai dari tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II, dari setiap siklus yang dilakukan oleh anak usia 6-8 tahun. Kemudian dihitung peningkatan hingga memenuhi target yang ingin dicapai. Berdasarkan hasil penelitian penerapan permainan kelompok ini, terdapat adanya peningkatan gerak lokomotor siswa. Mulai dari tes awal dengan presentase 60% kurang, 35% cukup dan 5% baik, lalu dilaksanakannya siklus I dengan hasil presentase 25% Kurang,40% Cukup, 35% Baik, kemudian dilanjutkan ke siklus II dikarenakan pada siklus I belum memenuhi target yang dicapai, hasil presentase siklus II, 0% Kurang, 15% Cukup dan 85% Baik. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan permainan kelompok ini layak diterapkan pada anak usia dini 6-8 tahun. Hasil akhir dari penerapan permainan kelompok dapat meningkatkan gerak lokomotor pada anak usia dini 6-8 tahun. Kata kunci : permainan, permainan kelompok, gerak lokomotor, anak usia dini 6-8 tahun The study aims to implement a group game to increase locomotor movement against early childhood 6-8 years. The problem formulation in this research is how group game implementations increase locomotor movement in early childhood. The data collection method used in this thesis is the action research methodology, the implementation is two cycles. Participant data retrieval starts from initial test, Cycle I test, and II cycle test, from each cycle performed by children aged 6-8 years old. Then calculated the increase to meet the target you want to achieve. Based on the results of the game implementation research, there is an increase in locomotor movements of students. Starting from the initial test with a percentage of 60% less, 35% enough and 5% good, then carried out the cycle I with a percentage yield 25% less, 40% enough, 35% good, then proceed to cycle II because in cycle I have not fulfilled the target achieved, the results of Percentage cycle II, 0% less, 15% enough and 85% good. Based on the results shows that the implementation of this group game deserves to be applied in early childhood 6-8 years. The final outcome of the group's application can improve locomotor movements in early childhood 6-8 years. Keywords: games, group games, locomotor movement, early childhood 6-8 years

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Sukur, M.Si ; 2). Muhamad Arif, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 1098 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 15:43
Last Modified: 10 Mar 2020 15:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item