PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA

IRA RAUDATUL JANNAH, . (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya era perdagangan bebas ASEAN (MEA) yang mulai diberlakukan pada tahun 2016 menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era tersebut. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berbasis ecopreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning berbasis Ecopreneurship untuk meningkatkan kreativitas peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment. Sampel yang digunakan adalah 62 peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Jakarta melalui teknik Cluster Random Sampling. Uji prasyarat menunjukkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t independent pada α = 0,05 menunjukkan signifikansi 0,001 yang berarti terdapat pengaruh penerapan PjBL berbasis ecopreneurship dalam meningkatkan kreativitas peserta didik SMA. Penerapan model pembelajaran PjBL berbasis ecopreneurship bisa menjadi alternatif baru bagi guru dan sekolah dalam menemukan model pembelajaran yang merangsang kreativitas peserta didik karena membuat peserta didik lebih kreatif untuk menentukan proyek sebagai jawaban dari masalah yang diberikan. Selain itu peserta didik juga mampu menjaga lingkungan dan melatih kemampuan wirausaha dengan memakai barang bekas yang memiliki nilai jual. ***** The existence of the ASEAN free trade era (AEC) which came into force in 2016 is a big challenge for the world of Indonesian education to prepare human resources that are able to compete in that era. One way to meet this need is to apply the ecopreneurship-based PjBL learning model. This study aims to determine the effect of Ecopreneurship-based Project Based Learning to increase the creativity of high school students. The research method used is quasi-experiment. The sample used was 62 class X students of SMA Negeri 6 Jakarta through the Cluster Random Sampling technique. The prerequisite test shows that the data are normally distributed and homogeneous. Test the hypothesis using the independent t test at α = 0.05 showing a significance of 0.001 which means that there is an effect of implementing ecopreneurship-based PjBL in increasing the creativity of high school students. The application of the ecopreneurship-based PjBL learning model can be a new alternative for teachers and schools in finding learning models that stimulate student creativity because it makes students more creative in determining projects as answers to given problems. In addition, students are also able to protect the environment and train entrepreneurial abilities by using used goods that have a sale value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si. ; 2). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Kerajinan Tangan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20497 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:42
Last Modified: 08 Sep 2023 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41855

Actions (login required)

View Item View Item