PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

NUR JAMILAH, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu media interaktif articulate storyline (MITERA) berbasis pembelajaran kontekstual pada PPKn kelas V sekolah dasar, dan untuk mengetahui kelayakan produk MITERA. Pengembangan media pembelajaran MITERA dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang digunakan untuk validasi olah para ahli dan respons peserta didik. Untuk validasi produk dilakukan oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba pada peserta didik dilakukan melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Kenari 08 dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli diperoleh hasil rerata media pembelajaran MITERA sebesar 92,5% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran MITERA layak untuk digunakan oleh peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar.***** This study aims to develop learning media, namely Interactive Articulate Storyline (MITERA) media based on contextual learning in PPKn class V SD, and to determine the feasibility of MITERA products. The development of MITERA learning media in this study used the research and development (R&D) method using the stages of the ADDIE development model. The data collection instrument was a questionnaire used to validate expert results and student responses. Product validation was carried out by experts review, namely media experts, material experts and language experts. Testing on students was carried out in three stages, one to one evaluation, small group and field test. The subjects of this research were the fifth grade students of SDN Kenari 08, which consisted of 32 students. The data analysis technique used is descriptive analysis. Based on the validation results of experts, the average result of MITERA learning media is 92.5% with very good criteria. this shows that the development of MITERA learning media is suitable for use by students in learning PPKn for fifth grade of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20434 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:38
Last Modified: 08 Sep 2023 00:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41867

Actions (login required)

View Item View Item