PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR

AGNI FAJRIANI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN (6)-dikompresi_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan adanya permasalahan berupa minimnya penggunaan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media komik berbasis kontekstual pada pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar materi Keragaman Bahasa dan Agama di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa guna memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data diperoleh melalui teknik wawancara dan kuesioner. Validasi produk dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari 1 orang ahli bahasa, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. Pada uji coba pengguna melibatkan 25 responden kelas IV sekolah dasar di SDN Parung Bingung 1 yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu, tahap uji coba one to one dengan 4 peserta didik, small group dengan 8 peserta didik, dan field test dengan 13 peserta didik. Hasil uji coba yang dilakukan oleh para ahli memperoleh nilai persentase sebesar 85% untuk ahli bahasa, 77% untuk ahli media, dan 91% untuk ahli materi. Hasil uji coba pengguna kepada peserta didik memperoleh 92% untuk tahap one to one, 85% untuk tahap small group, dan 96% untuk tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa media komik berbasis kontekstual termasuk dalam kategori “sangat baik” dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan dapat terlibat aktif ketika proses pembelajaran. ***** This research was conducted because it was based on problems in the form of minimal use of learning media, so that the learning process was not student-centered. The purpose of this study is to develop contextual-based comic media in PPKn class IV elementary school learning material on Language and Religious Diversity in Indonesia. This research produces alternative learning media that can be used by teachers and students to facilitate teachers in delivering learning materials. The research was conducted using Research and Development (R and D) methods with the ADDIE development model, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data were obtained through interview techniques and questionnaires. Product validation is carried out by experts consisting of 1 linguist, 1 media expert, and 1 material expert. The user trial involved 25 respondents who were divided into three stages, namely, the one to one trial stage with 4 students, the small group with 8 students, and the field test with 13 grade IV elementary school students at SDN Parung Bingung 1. The results of trials conducted by experts obtained percentage values of 85% for linguists, 77% for media experts, and 91% for material experts. The results of user trials to students obtained 92% for the one to one stage, 85% for the small group stage, and 96% for the field test stage.This shows that contextual-based comic media is included in the "excellent" category and deserves to be used as an alternative learning media that makes it easier for students to understand the subject matter and can be actively involved in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20489 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:37
Last Modified: 08 Sep 2023 01:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41889

Actions (login required)

View Item View Item