MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN EMOSI PADA SISWA DENGAN AUTISME (Penelitian Tindakan Kelas di Pendidikan Inklusi Cikal)

FARA SITTI ZAHRA, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN EMOSI PADA SISWA DENGAN AUTISME (Penelitian Tindakan Kelas di Pendidikan Inklusi Cikal). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengenalan emosi dengan menggunakan Pembelajaran Pengenalan Emosi untuk siswa autis di Pendidikan Inklusi Cikal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya terdapat perencanaan,pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan berdasarkan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada data ini adalah teknik analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan pada siklus I, menunjukkan bahwa kedua siswa masih belum mencapai batas minimal 55%. Pada siklus I, persentase kemampuan siswa dalam mengekspresikan emosi mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kemampuan awal, namun masih belum mencapai batas minimal 55%. Pada siklus II, mendapatkan peningkatan yang signifikan dimana siswa I mendapatkan 66% dan siswa II mendapatkan 61%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran pengenalan emosi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan emosi siswa autis di Pendidikan Inklusi Cikal. ***** This research aims to improve learning outcomes of emotions recognition by using Emotion Recognition Learning for autism students in Pendidikan Inklusi Cikal. This research used Classroom Action Research refers to Kemmis and Taggart by using two cycles. Each cycle contains planning, action implementation, observation, and reflection. In this research this data was collected based on test, observation, and documentation. The analysis in this data used descriptive analysis techniques and quantitative. The result obtained in cycle I showed that both of the students still have not reached the minimum limit of 55%. In cycle I, the percentage of students' ability to express emotions has increased if compared with their prior abilities, however still have not reached the minimum limit of 55%. In cycle II, has gained a significant increase where student I got 66% and student II got 61%. The conclusion from this reaserch was learning to recognize emotions can improve students’ ability to express the emotions of students’ with autism in Pendidikan Inklusi Cikal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M. Ed, Ed. D; 2). Dr. M. Arif Taboer, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20546 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 23:38
Last Modified: 10 Sep 2023 23:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41995

Actions (login required)

View Item View Item