ANALISIS PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan)

INDAH NURSYABANI, . (2023) ANALISIS PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2022/2023 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Blended learning sehingga diharapkan dapat diterapkan oleh para guru dalam melakukan proses pembelajaran guna menghasilkan kemandirian belajar dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Systematic literature review yang merupakan metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian, untuk menjawab pertanyaan penelitian (research question) yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning sangat cocok untuk diterapkan dalam kemandirian belajar pada pembelajaran di sekolah dasar. namun dalam pembelajaran IPS, kemandirian belajar belum dapat terlihat karena masih terbatas dalam artikel yang relevan. Penerapan blended learning merupakan model pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar di sekolah dasar. ***** The purpose of this research is to know the implementation of the Blended learning in self regulated learning which expected to be applied by teachers in carrying out the learning process to produce self-regulated learning in social studies in primary schools. This study uses a systematic literature review which is a literature review method that identifies, assesses, and interprets all findings on a research topic, to answer predetermined research questions. The results of the research show that the blended learning learning model is very suitable to be applied in self-regulated learning in primary schools. but in social studies, self-regulated learning cannot be seen yet because it is still limited in the relevant articles. The implementation of blended learning is a very effective learning model for increasing selfregulated learning in primary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd. ; 2). Drs. A.R Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19604 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:53
Last Modified: 12 Sep 2023 00:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42002

Actions (login required)

View Item View Item