PENGARUH PERUNTUKKAN DANA BOS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SMA JAKARTA TIMUR)

HAFIDZOH SALMA, . (2023) PENGARUH PERUNTUKKAN DANA BOS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SMA JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh antara peruntukkan dana BOS dengan prestasi, juga motivasi belajar terhadap prestasi, motivasi belajar terhadap prestasi belajar bagi siswa penerima KIP, peruntukkan dan BOS dan motivasi terhadap prestasi, juga peruntukkan dana BOS dan motivasi belajar yang saling terkait. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah adalah penelitian yang menggunakan asumsi-asumsi pendekatan positivis. Objek dari penelitian ini yaitu Siswa SMA di Jakarta Timur. Adapun faktor-faktor yang akan diteliti adalah peruntukkan dana BOS, motivasi belajar, penerima KIP terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang telah didapatkan nilai signifikasi peruntukkan dana BOS (X1) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu sebesar 0,025 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara peruntukkan dana BOS (X1) terhadap prestasi belajar (Y). nilai signifikasi motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Hasil menunjukkan bahwa secara tidak langsung motivasi belajar (X2) melalui prestasi belajar (Y) mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerima KIP (Z). juga Berdasarkan hasil uji F atau uji simultan menujukan nilai signifikan yaitu 0,000 dimana nilai tersebut bernilai < 0,05. Sehingga dapat disimpulan bahwa untuk variabel peruntukkan dana BOS (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Kata kunci: Motivasi, prestasi, bantuan, pendidikan, studi kasus, siswa SMA *** The purpose of this study was to see the influence between the allocation of BOS funds and achievement, also learning motivation on achievement, learning motivation on learning achievement for KIP recipient students, allocation and BOS and motivation on achievement, also allocation of BOS funds and learning motivation are interrelated . This research uses quantitative methods. Quantitative research is research that uses the assumptions of a positivist approach. The object of this research is high school students in East Jakarta. The factors that will be studied are the allocation of BOS funds, learning motivation, KIP recipients on student learning achievement. The results of the study showed that the significance value of the allocation of BOS funds (X1) to learning achievement (Y) was 0.025 <0.05, which means that there was a significant influence between the allocation of BOS funds (X1) to learning achievement (Y). the significance value of learning motivation (X2) on learning achievement (Y) is equal to 0.000 <0.05, which means that there is a significant influence between learning motivation (X2) on learning achievement (Y). The results show that indirectly learning motivation (X2) through learning achievement (Y) has a significant influence on KIP recipients (Z). Also, based on the results of the F test or simultaneous test, it shows a significant value of 0.000, where the value is <0.05. So it can be concluded that the allocation of BOS funds (X1) and learning motivation (X2) variables simultaneously affect student achievement (Y). Keywords: motivation, achievement, assistance, education, case studies, high school students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 20106 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:59
Last Modified: 11 Sep 2023 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42065

Actions (login required)

View Item View Item