HUBUNGAN PENGETAHUAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PERILAKU KONSERVASI (CONSERVATION BEHAVIOR) SISWA SMA

MUHAMAD YASIER ABDULLAH, . (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PERILAKU KONSERVASI (CONSERVATION BEHAVIOR) SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan keanekaragaman hayati merupakan salah satu bagian dari pengetahuan lingkungan yang membahas mengenai berbagai hal terkait didalamnya terdapat bentuk kehidupan yang mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, mikroogarnisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi. Pentingnya pengetahuan keaneakaragaman hayati juga berkaitan dengan pentingnya perilaku koservasi. Perilaku konservasi ialah suatu tindakan nyata yang dilakukan seseorang dalam upaya menjaga keadaan lingkungan dan mempertahankan sumberdaya di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan keanekaragaman hayati dengan perilaku konservasi siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMAN 16 Jakarta pada bulan Juli 2023. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 siswa yang telah dipilih secara simple random sampling. Metode yang digunakan adalah desktiptif dengan studi korelasional. Hasil uji prasyarat menunjukan bahwa data bersifat normal dan homogen. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara pengetahuan keanekaragaman hayati dengan perilaku konservasi siswa SMA. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji lebih dalam mengenai faktor lain yang berperan dalam pembentukan perilaku konservasi, seperti motivasi siswa, kepribadian siswa, dan hal lain, agar sekolah dapat membangun lingkungan yang membantu proses peningkatan pengetahuan keanekaragaman hayati siswa menjadi lebih baik. ***** Biodiversity knowledge is part of environmental’s knowledge which is discuss about it contains life forms including genes, species of plants, animals, microorganisms and ecosystems and ecological processes. The importance of biodiversity knowledge is correlated with conservation behavior. Conservation behavior is a real act to preserve environment and defend environmental resource. This research aims to know the relationship between biodiversity knowledge and conservation behavior of High School students. Research conducted at SMAN 16 Jakarta in Juli 2023. The method are descriptive with correlational study. There was 100 students that choosen by simple random sampling as sample. The result of prerequisites test, the data were normal and homogenous. The result of hypotheses aren’t positive relationship between biodiversity knowledge and conservation behavior of High School students. Future research is recommended to examine more deeply the other factors that play a role in the formation of conservation behavior, such as student motivation, student personality, and other things, so that schools can build an environment that helps the process of increasing students' knowledge of biodiversity for the better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 19966 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:57
Last Modified: 13 Sep 2023 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42069

Actions (login required)

View Item View Item