EFEKTIVITAS MANAJEMEN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BELAJAR DARING (SIBERING) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

DESSY KURNIA NATHALIA, . (2023) EFEKTIVITAS MANAJEMEN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BELAJAR DARING (SIBERING) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Manajemen E-learning, dengan mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi e-learning menggunakan Sistem Informasi Belajar Daring (SIBERING) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui beberapa prosedur, antara lain: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sementara/verifikasi yang disajikan dalam bentuk teks narasi, bagan, dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa manajemen e-learning dengan menggunakan SIBERING pada mahasiswa FE UNJ di masa pandemi Covid-19 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil deskripsi dan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi e-learning yang menunjukkan kesesuaian dan kesamaan pada sebagian besar jawaban partisipan. Penelitian ini menemukan bahwa perencanaan e-learning sudah sangat sesuai, dimana terdapat identifikasi tujuan dan penyusunan rencana pembelajaran, yang mencakup: penentuan materi pelajaran, yang disajikan dalam betuk video dan pdf; pemilihan metode pembelajaran, yaitu pemberian tugas dan ruang kepada mahasiswa untuk bertanya, berpendapat, dan berbagi pengalaman; penentuan waktu pembelajaran yang berdasar pada tingkat kesulitan materi, pemahaman dan kondisi mahasiswa, serta jumlah SKS; dan pemilihan asesmen berbasis proyek sebagai tugas kelompok, pilihan ganda, kasus, dan tertulis. Selain itu, pelaksanaan e-learning juga sudah cukup sesuai, dimana terdapat tata kelola sistem pembelajaran, yang mencakup kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan waktu yang ditentukan; interaksi aktif melaui fitur diskusi SIBERING; pembentukan kelompok yang diserahkan kepada mahasiswa (PJ); presentasi tugas dengan membuat video yang diunggah ke Youtube dan disematkan pada SIBERING untuk dibagikan dan dinilai; Diskusi melalui fitur diskusi SIBERING dengan memberi poin (reward) dan memanggil nama mahasiswa yang pasif. Begitu pula, dengan evaluasi e-learning juga sudah sesuai, dimana terdapat evaluasi kesesuaian pelaksanaan dengan tujuan pembelajaran, dengan pemberian soal, kuis, dan pertanyaan langsung kepada mahasiswa, hasilnya sesuai; evaluasi kepuasan mahasiswa, dengan melihat respon dan bertanya secara langsung, hasilnya memuaskan; dan evaluasi hasil belajar, secara komprehensif dengan melihat keaktifan mahasiswa, pengumpulan tugas, dan ujian tertulis (UTS dan UAS), hasilnya baik bahkan cenderung meningkat. Kata Kunci : E-learning, Manajemen, Efektivitas, Fakultas, Covid-19 This research aims to determine the effectiveness of e-learning management by describing and analyzing the planning, implementation, and evaluation of e-learning using the Online Learning Information System (SIBERING) for students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta, during the COVID-19 pandemic. The method used is descriptive-qualitative, where data is collected through observation, interviews, and documentation, which is then analyzed through several procedures, including data reduction, data presentation, and provisional conclusions and verification presented in the form of narrative text, charts, and tables. Based on the research results, it is known that e-learning management using SIBERING for FE UNJ students during the COVID-19 pandemic was effective. This can be seen from the results of the description and analysis of e-learning planning, implementation, and evaluation, which show the suitability and similarity of most of the participants' answers. This research found that e-learning planning is very appropriate where there is identification of objectives and preparation of learning plans, which include: determining lesson material, which is presented in video and pdf form; selecting learning methods, namely providing assignments and space for students to ask questions, express opinions, and share experiences; determining learning time based on the level of difficulty of the material, student understanding and condition, as well as the number of credits; and selecting project-based assessments as group assignments, multiple choice, cases, and written. Apart from that, the implementation of e-learning is also quite appropriate where there is governance of the learning system, which includes the suitability of learning activities for the specified time; active interaction through the SIBERING discussion feature; formation of groups handed over to students (PJ); presentation of assignments by making videos that are uploaded to YouTube and embedded on SIBERING to be shared and assessed; discussion through the SIBERING discussion feature by giving points (rewards) and calling the names of passive students. Likewise, e-learning evaluation is also appropriate where there is an evaluation of the suitability of implementation with learning objectives by giving questions, quizzes, and questions directly to students; evaluation of student satisfaction by looking at responses and asking questions directly; and evaluation of learning outcomes comprehensively by looking at student activity, assignment submission, and written exams (UTS and UAS), the results are good and even tend to increase. Keywords: E-learning, Management, Effectiveness, Faculty, COVID-19

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd 2). Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 20630 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:54
Last Modified: 11 Sep 2023 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42073

Actions (login required)

View Item View Item