PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FRISKA AYUFIA MAHARANI, . (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara literasi keuangan dan efektivitas penggunaan electronic money terhadap perilaku konsumtif. Dasar penelitian ini adalah karena literasi keuangan dan efektivitas penggunaan electronic money memiliki keterkaitan langsung terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dengan menggunakan analisis data (path analysis) analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 131 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efektivitas penggunaan electronic money terhadap perilaku konsumtif, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap efektivitas penggunaan electronic money, dan (4) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan mediasi efektivitas penggunaan electronic money. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Electronic Money, Perilaku Konsumtif *** This research aims to determine the influence of financial literacy and the effectiveness of using electronic money on consumer behavior. The basis of this research is that financial literacy and the effectiveness of using electronic money have a direct relationship to consumer behavior. The method used in this research is survey method. The data used in this research is quantitative data using path analysis. The population in this study was 131 students from the Faculty of Economics, Jakarta State University. The sample in this study amounted to 98 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. The results of this research are: (1) there is a negative and significant influence between financial literacy on consumer behavior, (2) there is a positive and significant influence between the effectiveness of using electronic money on consumer behavior, (3) there is a positive and significant influence between financial literacy on effectiveness of using electronic money, and (4) there is a negative and significant influence between financial literacy on consumer behavior and mediation of the effectiveness of using electronic money. Keywords: Financial Literacy, Electronic Money, Consumptive Behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Ari Saptono, SE.,M.Pd. ; 2). Dr. Suparno, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 20109 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:25
Last Modified: 12 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42078

Actions (login required)

View Item View Item