PEMANFAATAN PROSES KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN APLIKASI DISCORD PADA EKTRAKULIKULER BASKET DI SMA NEGERI 58 JAKARTA

ADHA MARCELLIANO, . (2023) PEMANFAATAN PROSES KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN APLIKASI DISCORD PADA EKTRAKULIKULER BASKET DI SMA NEGERI 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait pemanfaatan proses Knowledge sharing menggunakan aplikasi Discord untuk mengurangi kesenjangan pengetahuan siswa pada ekstrakulikuler basket di SMA 58 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan model pemanfaatan Arief Sadiman. Terdapat tiga tahapan dalam model Arief Sadiman, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 20 siswa dan 1 pelatih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket dan lembar observasi. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Knowledge sharing dan prosedur media Discord dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran materi bola basket yang dilakukan pada ekstrakulikuler basket di SMA 58 Jakarta.*****This study aims to provide an insight into the utilization of the knowledge sharing process through the Discord application to bridge the knowledge gap among students participating in the basketball extracurricular activity at SMA Negeri 58 Jakarta. The research adopts a descriptive approach with a qualitative design and utilizes Arief Sadiman's utilization model. The model consists of three stages: (1) preparation stage, (2) implementation stage, and (3) follow-up stage. The study involves 20 student respondents and 1 coach. Data collection is carried out through questionnaire distribution and observation sheets. In general, the results of this research demonstrate that the knowledge sharing process and the implementation of Discord as a media platform can be employed as an effective learning tool for teaching basketball-related content in the context of the basketball extracurricular activity at SMA Negeri 58 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erry Utomo, Ph.D. ; 2). Mulyadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19692 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:38
Last Modified: 11 Sep 2023 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42081

Actions (login required)

View Item View Item