EVALUASI MODUL PELATIHAN FUNGSIONAL DASAR (LFD) DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL

SITI WIDIYANTI, . (2023) EVALUASI MODUL PELATIHAN FUNGSIONAL DASAR (LFD) DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kualitas Modul yang digunakan Pelatihan Fungsional Dasar Tahun 2022. Objek dalam penelitian ini adalah modul yang digunakan pada pelatihan fungsional dasar dan untuk subjek penelitian adalah peserta pelatihan LFD tahun 2022. Aspek-aspek yang di evaluasi yaitu kualitas modul, karakteristik modul, prinsip desain pesan, dan aspek desain pesan. Metode penelitian yang digunakan yaitu evaluasi sumatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala Guttman. Evaluasi sumatif ini melibatkan expert judgement yang dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi, serta 40 peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pelatihan fungsional dasar sudah baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pelatihan. Hal ini terlihat pada aspek kualitas media secara keseluruhan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 71,39% yang dapat dikategorikan baik, kemudian pada aspek karakteristik modul secara keseluruhan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 71,39% yang dapat dikategorikan baik, selanjutnya pada aspek prinsip desain pesan secara keseluruhan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 71,50% yang dapat dikategorikan baik, dan pada aspek aspek desain pesan secara keseluruhan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 77,92% yang dapat dikategorikan baik. ***** This evaluation research aims to obtain an overview of the quality of the Modules used in Basic Functional Training in 2022. The object of this research is the module used in basic functional training and the research subject is LFD training participants in 2022. The aspects evaluated are module quality, module characteristics, message design principles, and message design aspects. The research method used is summative evaluation with data collection techniques using questionnaires. While the data analysis technique uses descriptive statistics with a Guttman scale. This summative evaluation involved expert judgment conducted by 2 media experts and 2 material experts, as well as 40 training participants. The results showed that the basic functional training module was good to be used as training teaching material. This can be seen in the aspect of media quality as a whole the average score obtained is 71.39% which can be categorized as good, then in the aspect of module characteristics as a whole the average score obtained is 71.39% which can be categorized as good, then in the aspect of message design principles as a whole the average score obtained is 71.50% which can be categorized as good, and in the aspect of the message design aspect as a whole the average score obtained is 77.92% which can be categorized as good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19482 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:45
Last Modified: 15 Sep 2023 00:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42096

Actions (login required)

View Item View Item