PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TARI DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN

TIMMY GARDINI, . (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TARI DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seni sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya untuk perkembangan anak usia dini. Fungsi seni dalam bidang pendidikan untuk mengembangkan perkembangan anak usia dini baik secara fisik maupun mental. Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kebutuhan anak. Rasa percaya diri pada anak merupakan bagian penting dalam pendidikan dasar, khususnya pendidikan usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tari dan jenis kelamin terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Kemala Bhayangkari 14 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Provinsi Sumatera Selatan dengan melibatkan 39 anak. Metode dalam penelitian ini metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan berupa observasi, skala penilaian, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran tari dan jenis kelamin berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Serta, terlihat dari data uji coba lapangan pada anak mendapatkan nilai signifikansi < 0,05. Artinya pemberian pembelajaran tari dan memperhatikan faktor jenis kelamin yang dimiliki anak dapat membantu tercapaianya keberhasilan tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran tari; jenis kelamin; kepercayaan diri. Art is very important in human life, especially for early childhood development. The function of art in the field of education is to develop early childhood development both physically and mentally. A good learning method is a method that is fun and according to the child's level of needs. Confidence in children is an important part of basic education, especially early childhood education. This study aims to determine the effect of dance learning methods and gender on the self-confidence of children aged 5-6 years. The study was conducted on group B children aged 5-6 years at Kindergarten Kemala Bhayangkari 14 Tebing Tinggi Empat Lawang South Sumatra Province, involving 39 children. The method in this study is an experimental method with a quantitative approach. Sampling technique. Data collection techniques used in the form of observation, rating scales, interviews and documentation. The findings show that learning dance and gender have an effect on self-confidence. Also, it can be seen from the field trial data on children getting a significance value of <0.05. This means that giving dance lessons and paying attention to the gender factor of the child can help achieve this success. Keywords: Dance learning; gender; confidence.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. R. Sri Martini Mailanie, M.Pd 2). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Kesenian > Seni Tari
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 19846 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:55
Last Modified: 11 Sep 2023 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42098

Actions (login required)

View Item View Item