HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS) DENGAN KESADARAN KESEHATAN DIRI SISWA SMA

DAFFA AZALIA, . (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS) DENGAN KESADARAN KESEHATAN DIRI SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit Menular Seksual (PMS) ialah penyakit yang membutuhkan perhatian khusus sebab angka kejadian PMS yang terus meningkat dan banyak diantaranya yang tanpa gejala. Remaja menjadi salah satu golongan rentan akan PMS sebab rasa ingin tahu yang tinggi namun minim mendapatkan pengetahuan kesehatan reproduksi dari guru atau pendidikan formal. Untuk dapat mengubah kurangnya pengetahuan PMS dapat dimulai dari kesadaran kesehatan kesehatan diri siswa, sebab kesadaran diri merupakan salah satu dari kecakapan hidup yang dapat memengaruhi remaja dalam membuat keputusan untuk menjauhi PMS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan PMS dengan kesadaran kesehatan diri siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2023 di SMA Negeri 29 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Sampel berjumlah 108 orang yang ditentukan dengan rumus slovin simple random sampling. Pengetahuan PMS siswa diukur dengan menggunakan tes dan kesadaran kesehatan diri siswa berupa kuesioner. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapatkan sebesar 0,620 yang berarti berkorelasi kategori kuat. Pengetahuan PMS memberikan nilai kontribusi sebesar 38,4% terhadap kesadaran kesehatan diri siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara pengetahuan PMS dengan kesadaran kesehatan diri siswa SMA. ***** Sexually Transmitted Diseases (STDs) are diseases that require special attention due to the increasing prevalence of STDs, many of which are asymptomatic. Adolescents are one of the vulnerable groups to STDs because of high curiosity but limited access to reproductive health knowledge from teachers or formal education. To change the lack of knowledge about STDs, it can be started from the students' health awareness as self-awareness is one of the life skills that can affect adolescents in making decisions to prevent STDs. This research aims to determine the relationship between STDs knowledge and self-health awareness of high school students. This research was carried out from January 2023 at SMA Negeri 29 Jakarta. The method used descriptive quantitative through correlational study approach. A sample of 108 people was determined by simple random sampling. Students' STDs knowledge was measured using tests, and self-health awareness by questionnaires. The results of the pre-requisite test results indicated normal and homogeneous data. The calculated correlation coefficient was 0,620 that indicating a strong category correlation. Knowledge of STDs contributing of 38,4% to the student self-health awareness. This research concludes that there is a positive relationship between STDs knowledge and self-health awareness of high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.). Drs. Refirman Djamahar, M.Biomed ; 2.). Ns. Sri Rahayu,S.Kep., M.Biomed
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Anatomi Manusia
Ilmu Kedokteran > Keperawatan > Penyakit - Penyakit
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20253 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:46
Last Modified: 12 Sep 2023 00:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42100

Actions (login required)

View Item View Item