PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMAN 62 JAKARTA)

ALFIAN FADILAH, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMAN 62 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Alfian Fadilah, Pengaruh Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 62 Jakarta Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiric tentang bagaimana pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar PAI. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 62 Jakarta yang berjumlah 20 siswa dari setiap kelasnya baik kelas kontrol ataupun eksperimen. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tahap pra (sebelum) eksperimen, tahap treatment (perlakuan), tahap pasca (setelah) perlakuan. Teknik analisis data yang di gunakan untuk menguji hipotesis adalah uji paired sample t- test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan menggunakan model project based learning dimana pada tahap akhir yaitu post test dengan signifikansinya 0,003 lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya terlihat yang menggunakan model konvensional dengan hasil signifikansinya 0,015 lebih kecil dari 0,05. Kemudian juga terlihat dari rata rata nilai akhir setelah di lakukan post test pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 82,25 lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya mendapatkan nilai 79,75. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik dalam penggunaan model project based learning. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar ABSTRAK Alfian Fadilah, The Effect of the Project Based Learning Model in Improving PAI Learning Outcomes at SMAN 62 Jakarta Thesis, Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, June 2023 This study aims to obtain empirical data about how the project-based learning model influences PAI learning outcomes. The method used in this studyis a quantitative method with the type of Quasi Experimental research. The sampleused in this study was class XI students of SMAN 62 Jakarta, totaling 20 students from each class, both control and experimental classes. The data collection technique used in this study was the pre-experimental stage, the treatment stage, the post- treatment stage. The data analysis technique used to test the hypothesis is the paired sample t-test. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect by using the project based learning model where in the final stage, namely the post test with a significance of 0.003 less than 0.05. Furthermore, it can be seen that using the conventional model with a significance result of 0.015 is smaller than 0.05. Then it can also be seen from the average final score after the post test was carried out in the experimental class getting a score of 82.25 higher than the control class which only got a score of 79.75. So it can be concluded that there is an increase in better learning outcomes in the use of project based learning models. Keywords : Project Based Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yusuf Ismail, S.Ag, MA.Hum. 2). Suci Nurpratiwi, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19313 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:58
Last Modified: 13 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42190

Actions (login required)

View Item View Item