ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN SAKUBUN I BERBASIS LITERASI DIGITAL DI PROGRAM STUDI BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RACHMAWATI, . (2023) ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN SAKUBUN I BERBASIS LITERASI DIGITAL DI PROGRAM STUDI BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy

Abstract

Rachmawati. 2023. Analisis Kebutuhan Media Pembelaajaran Sakubun I Berbasis Literasi Digital di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari media pembelajaran Sakubun I dan untuk mengidentifikasi keinginan atau harapan dari mahasiswa dan dosen terhadap media pembelajaran berbasis literasi digital. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa trend digitalisasi untuk kegiatan sehari-hari. Tidak terkecuali pada pendidikan, sesuai dengan isi pidato yang disampaikan oleh Kemendikbud dalam agenda Kick Off G20 on Education and Culture isi pidato tersebut mengenai pendidikan di Indonesia yang masih butuh perubahan secara digital. Pada pidato tersebut maka dibutuhkannya analisis media pembelajaran ke arah literasi digital tidak terkecuali program studi bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta berusaha mengikuti trend yang diwacanakan saat ini salah satunya adalah pada pembelajaran Sakubun I. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan lingkup pembelajaran Sakubun I di Program Studi Bahasa Jepang. Teknik pengumpulan data menggunakan tinjauan dokumen, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: (1). Dilihat dari kondisi media pembelajaran Sakubun I bahwa media digital belum sepenuhnya diterapkan di karenakan belum ada media yang sesuai untuk setiap topik pertemuan dan medianya terbatas. (2). Baik mahasiswa dan dosen menginginkan media pembelajaran yang dapat dikemas menjadi media yang bersifat praktis dan inovatif hal ini seperti e-modul dan e-book sebagai media pembelajaran dan untuk pengumpulan tugas dapat menggunakan media digital blog, web, Tiktok, dan Youtube sebagai media pendukung. Kata kunci : Analisis Kebutuhan, Media Digital, Literasi digital, Sakubun I ***** Rachmawati. 2023. Analysis of the Media Needs of Digital Literacy-Based Sakubun I Learning Education Study Program, Jakarta State University. Thesis, Japanese Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. The purpose of this study was to determine the conditions of Sakubun I learning media and to identify the wishes or expectations of students and lecturers for digital literacy-based learning media. Along with the rapid development of technology, it brings the trend of digitization to daily activities. Education is no exception, according to the contents of the speech delivered by the Ministry of Education and Culture in the Kick Off G20 on Education and Culture agenda, the contents of the speech regarding education in Indonesia which still needs digital change. In this speech, the need for analysis of learning media towards digital literacy is no exception, the Japanese language study program at the Jakarta State University is trying to follow current trends, one of which is learning Sakubun I. This study uses a qualitative descriptive analysis method with the scope of learning Sakubun I in the Japanese Language Study Program. Data collection techniques using document reviews, questionnaires and interviews. The results of this study are: (1). Judging from the conditions of Sakubun I learning media, digital media has not been fully implemented because there is no appropriate media for each meeting topic and the media is limited. (3). Both students and lecturers want learning media that are practical, innovative, this is like virtual presentation of material, e-modules and e-book as learning media and for collecting assignments can use digital media blogs, tiktok, and youtube. keywords: needs analysis, digital media, digital literacy, Sakubun I

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd. ; 2). Muhammad Ali Hamdi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20728 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:45
Last Modified: 15 Sep 2023 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42463

Actions (login required)

View Item View Item