GINA THERESIA NAPITUPULU, . (2023) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEGAK BERSAMBUNG BERBASIS SENSORI MOTORIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.cover.pdf Download (598kB) |
|
Text
2. bab1.pdf Download (285kB) |
|
Text
3. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text
4. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
5.bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
7. daftar pustaka.pdf Download (269kB) |
|
Text
8.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian serta pengembangan ini adalah untuk menciptakan produk LKPD (lembar kerja peserta didik) menulis tegak bersambung berbasis sensorik motorik pada pembelajaran menulis permulaan kelas II sekolah dasar serta menguji kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development Model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Gondangdia 01 Pagi, Jakarta Selatan sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data respon validator maupun pengguna dengan menggunakan rating scale dengan skala 4, kemudian dikonvensi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata dari ahli sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon pengguna guru sebesar 97,5% dengan kategori sangat baik, dan rata-rata respon pengguna peserta didik sebesar 98,94%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik menulis tegak bersambung berbasis sensori motorik yang dikembangkan layak digunakan. ***** The purpose of this research and development is to create cursive writing (LKPD) worksheet based on sensory motor in beginning writing learning grade II elementary school. The research method used is the ADDIE Research and Development Model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The sample in this study was the fourthgrade students of SDN Gondangdia 01 Pagi, Central Jakarta as many as 30 students. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique was carried out by processing the validator and user response data using a rating scale with a scale of 4, then converted into qualitative data. The results showed that the average of the experts was 92,2% with a very good category. Meanwhile, the teacher user response was 97,5% in the very good category, and the average student user response was 98,94%. Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the create cursive writing worksheet based on sensory motor is feasible to use.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1).Prof.Dr.Fahrurrozi,M.Pd; 2).Drs.Dudung amir Soleh,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 19340 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 23:37 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 23:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42479 |
Actions (login required)
View Item |