KOMPETENSI MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PEDAGOGI IBMSM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RUBBY KROESE, . (2023) KOMPETENSI MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PEDAGOGI IBMSM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rubby Kroese, 2023. Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pedagogi IBMSM di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sampai sejauh mana kompetensi mengelola proses pembelajaran diakomodasi dan dinilai dalam RPS dan materi ajar mata kuliah pedagogi IBMSM di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta, selama bulan dari Januari - Juni 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mata kuliah pedagogi khususnya mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar Seni Musik, kompetensi mengelola proses pembelajaran telah diakomodasi dan dinilai dalam RPS dan materi ajar mata kuliah pedagogi IBMSM di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta. Hal ini terlihat dengan adanya tiga dari empat tahapan mengelola proses pembelajaran seperti pengorganisasian, koordinasi dan pengawasan. Kompetensi yang tidak terdapat pada mata RPS IBMSM adalah kompetensi perencanaan karena kompetensi tersebut sudah ada di mata kuliah pedagogi lainnya yaitu mata kuliah Perencanaan Pengajaran Seni Musik. Kata Kunci: Kompetensi, Mengelola, Proses Pembelajaran, Mata Kuliah Pedagogi ABSTRACT Rubby Kroese, 2023. Competence in Managing the Learning Process in IBMSM Pedagogy Course at Music Education Study Program, Jakarta State University. Thesis. Music Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. The aim of this research is to determine and describe to what extent competence in managing the learning process is accommodated and assessed in the RPS and teaching materials for the IBMSM pedagogy course at the Music Education Study Program, Jakarta State University. This research method is qualitative research with a case study approach. Carried out at the Music Education Study Program, Jakarta State University, during the months from January - June 2023. Data collection techniques use observation, interviews and literature study. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity using triangulation. The results of the research show that in pedagogy courses, especially the Music Arts and Learning Interaction course, competence in managing the learning process has been accommodated and assessed in the RPS and teaching materials for IBMSM pedagogy courses in the Music Education Study Program, Jakarta State University. This can be seen from the existence of three of the four stages of managing the learning process such as organizing, coordinating and supervising. The competency that is not found in the RPS IBMSM course is planning competency because this competency already exists in other pedagogy courses, namely the Music Arts Teaching Planning course. Keywords: Competency, Managing, Learning Process, Pedagogy Courses

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Dian Herdiati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 19289 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 00:26
Last Modified: 22 Sep 2023 00:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42507

Actions (login required)

View Item View Item