PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PODCAST UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI KEKERASAN DALAM BERPACARAN PADA SISWA SMK DI JAKARTA TIMUR

APRILIA SETIAWATI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PODCAST UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI KEKERASAN DALAM BERPACARAN PADA SISWA SMK DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio podcast untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai materi kekerasan dalam berpacaran. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah Design Based Research (DBR) oleh McKenney & Reevers (2018). Tahap pertama analisis dan eksplorasi, ditemukan adanya fenomena isu kekerasan dalam berpacaran pada SMKN 48 Jakarta Timur. Peneliti memfokuskan materi mengenai 12 bentuk kekerasan verbal dan emosional menurut Jill Murray, instrumen yang diisi oleh 460 responden, menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik termasuk rendah pada 7 bentuk kekerasan verbal dan emosional yang memiliki skor berkategori rendah pada item pertanyaannya yaitu nama pangilan, tatapan yang mengintimidasi, membuat pasangan menunggu ditelfon, membuat pasangan merasa tidak percaya diri, menyalahkan pasangan, memanipulasi pasangan, dan merusak barang berharga milik pasangan. Tahap desain dan konstruksi dilakukan penyusunan naskah dialog podcast. Pada tahap evaluasi dan refleksi dilakukan uji ahli dan uji pengguna. Hasil uji ahli materi memperoleh skor 83% (sangat layak) dimana materi sudah kekinian dan sudah sesuai untuk remaja, hanya tinggal menambahkan materi lainnya saja. Hasil uji ahli media memperoleh skor 93% (sangat layak) dimana intonasi dan suara sudah sangat baik. Hasil uji coba pengguna terbatas pada saat pre-test mendapatkan hasil dengan skor 45%, lalu hasil post-test mendapatkan skor 95%. Artinya terlihat adanya peningkatan pengetahuan mereka dari hasil skor instrumen mengenai pengetahuan yang diberikan dari sebelumnya. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan. ***** This study aims to develop audio podcast media to increase students' knowledge about dating violence. The method used in developing this media is Design Based Research (DBR) by McKenney & Reevers (2018). In the first stage of analysis and exploration, it was found that there was a phenomenon of the issue of dating violence at SMKN 48 East Jakarta. Researchers focused material on 12 forms of verbal and emotional violence according to Jill Murray, the instrument was filled in by 460 respondents, showing that students' knowledge was low on 7 forms of verbal and emotional violence which had a low category score on the question items namely nicknames, intimidating stares , making your partner wait on the phone, making your partner feel insecure, turning on your partner, manipulating your partner, and damaging your partner's valuables. In the design and construction phase, the podcast dialogue script was prepared. At the evaluation and reflection stage, expert tests and user tests were carried out. The results of the material expert test obtained a score of 83% (very feasible) where the material is current and appropriate for teenagers, it only remains to add other material. The media expert test results obtained a score of 93% (very decent) where the intonation and voice were very good. The results of user trials are limited to the pre-test results with a score of 45%, then the post-test results obtain a score of 95%. This means that there is an increase in their knowledge from the results of the instrument score regarding the knowledge provided from before. Overall it can be said that this media is very feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hilma Fitriyani, M.Pd. 2). Wening Cahyawulan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20273 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2023 12:08
Last Modified: 16 Sep 2023 12:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42589

Actions (login required)

View Item View Item