STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH BOARDING SCHOOL DEPOK)

HANIFAH UMMU SHIDQIYAH, . (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH AL HIDAYAH BOARDING SCHOOL DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Al Hidayah Boarding School Depok. Serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efek dari implementasi strategi yang di gunakan Pesantren terhadap Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik Analisis data. Adapun jenis penelitian ini adalah Studi kasus atau penelitian Lapangan (field research), dengan melakukan Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al hidayah Boarding School Depok yang beralamat di Jl. Raya Keadilan No.65, Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16434 .Sumber data dalam penelitian ini yaitu Direktur Madrasah, 3 Guru pengampu Mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa Madrasah Aliyah Boarding School yang bermukim. Peneliti menggunakan tiga langkah dalam menganalisis kasus yaitu proses Penyajian, pemilahan data dan menarik Kesimpulan. Sistem pembelajaran di Madrasah Aliyah Al hidayah Boarding School ini memiliki dua sistem yaitu Sistem Reguler dan Diniyyah, Sistem reguler merupakan sistem pembelajaran umum dan hanya mempelajari bahasa arab dasar, jika sistem Diniyyah merupakan pembelajaran bahasa arab yang lebih mendalam serta memiliki dua kepala program yang berbeda. Madrasah Aliyah Al Hidayah Boarding School merupakan lembaga yang secara resmi sudah berdiri sendiri. Implementasi dalam pembelajaran mencakup semua yang guru terapkan di lapangan kepada siswa meliputi: (1) Metode pembelajaran, (2) Bahan ajar, (3) Program kegiatan. Dampak yang terjadi pada siswa setelah proses pembelajaran yaitu siswa menjadi percaya diri dalam berbahasa, serta dapat Memahami ketika mendengarkan guru berbicara bahasa arab. Proses penilaian atau evaluasi di dalam kelas atau biasa kita sebut dengan ujian. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa sistem reguler dan diniyyah yang di terapkan di kelas ternyata tidak sepenuhnya efektif. dari hasil pengisian angket yang di berikan kepada 15 siswa, hasilnya 13 orang atau 80% tidak setuju bahwa sistem yang di terapkan efektif dan berhasil. Akan tetapi Setelah peneliti melakukan observasi pada kegiatan bahasa arab siswa di luar kelas serta berdasarkan angket yang di berikan, bahwa 14 Siswa atau 90% Siswa menyatakan setuju bahwa program bahasa arab dapat meningkatkan keterampilan bahasa arab mereka terutama dalam keterampilan mendengar, menulis, dan membaca yang paling banyak di sukai siswa di sekolah ini. Karena siswa sangat aktif dan antusias dalam berbahasa di luar kelas. Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa strategi pembelajaran bahasa arab dalam sistem boarding school memiliki kelebihan dan kekurangan pada setiap program dan penerapan nya. ***** This study aims to determine the Arabic Language Learning Strategy at Al Hidayah Boarding School Depok. As well as this research also aims to determine the influence of the implementation of the strategies used by Islamic boarding schools on students. The research method used is descriptive qualitative research method with data analysis techniques. The type of this research is a case study or field research, by conducting observations, interviews and documentation. This research was conducted at Madrasah Aliyah Al Hidayah Boarding School Depok which is located at Jl. Raya Keadilan No. 65, Jaya Baru Reconstruction. Pancoran Mas, Depok City, West Java 16434. The data sources in this study were the Madrasah Director, 3 Arabic Subject tutors and Madrasah Aliyah Boarding School students who resided. Researchers used three steps in analyzing cases, namely the process of sorting, presenting data and drawing conclusions. The learning system at Madrasah Aliyah Al Hidayah Boarding School has two systems, namely the Regular and Diniyyah Systems. The regular system is a general learning system and only learns basic Arabic, while the Diniyyah system is a more in-depth Arabic learning program and has two different head programs. Madrasah Aliyah Al Hidayah Boarding School is an institution that officially stands alone. Implementation in learning includes everything that the teacher applies in the field to students including: (1) Learning methods, (2) Teaching materials, (3) Activity programs. The impact that occurs after the learning process is that students become confident in speaking, and can understand when listening to the teacher speak Arabic. The assessment process in class or what we usually call exams. The results of the study stated that the regular and diniyyah systems applied in class were not fully effective. from the results of filling out the questionnaire given to 15 students, the result was 13 people or 80% disagreed that the system implemented was effective and successful. However, after the researchers made observations on students' Arabic activities outside the classroom and based on the questionnaire given, that 14 students or 90% of students agreed that the Arabic language program could improve their Arabic language skills, especially in listening, writing and reading skills which students liked the most at this school. Because students are very active and enthusiastic in speaking outside the classroom. Therefore it can be concluded that the Arabic language learning strategy in the boarding school system has advantages and disadvantages in each program and its application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Murodi, M.A ; 2). Dr. Nuruddin, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20378 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:20
Last Modified: 19 Sep 2023 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42597

Actions (login required)

View Item View Item