PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI PENGGUNA TWITTER PADA EMERGING ADULTHOOD

HISYAM HABIBURROHMAN EL ISLAMY, . (2023) PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI PENGGUNA TWITTER PADA EMERGING ADULTHOOD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (734kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri terhadap pengungkapan diri pengguna Twitter pada emerging adulthood. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji analisis regresi linear sederhana. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh 300 responden dengan kriteria pengguna Twitter yang berusia 18 hingga 25 tahun dan berdomisili di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rosenberg Self-esteem Scale oleh Maroqi (2018) untuk mengukur variabel harga diri dan Revised Self-disclosure Scale oleh Blau (2011) untuk mengukur variabel pengungkapan diri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara harga diri terhadap pengungkapan diri pengguna Twitter pada emerging adulthood, artinya jika terjadinya peningkatan pada harga diri maka akan meningkat pula pengungkapan dirinya. Begitupun sebaliknya, jika terjadinya penurunan pada harga diri maka akan menurun pula pengungkapan dirinya. Besarnya pengaruh harga diri terhadap pengungkapan diri pada penelitian ini yaitu sebesar 16,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. This study aims to determine the effect of self-esteem on self-disclosure Twitter users of emerging adulthood. This research employs a quantitative approach with a simple linear regression analysis. Sampling in this study used purposive sampling technique and obtained 300 respondents with the criteria of Twitter users aged 18 to 25 years and domiciled in Jabodetabek. The measuring instruments used in this study are the Rosenberg Self-esteem Scale by Maroqi (2018) to measure self-esteem variables and the Revised Self-disclosure Scale by Blau (2011) to measure self-disclosure variables. The results of this study indicate that there is a positive influence between self-esteem on self-disclosure Twitter users on emerging adulthood, meaning that if there is an increase in self-esteem, self-disclosure will also increase. Vice versa, if there is a decrease in self-esteem, self-disclosure will also decrease. The magnitude of the influence of self-esteem on self-disclosure in this study is 16,9% and the rest is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Santi Yudhistira, M.Psi., Psikolog 2. Reny Rustyawati, S.Pd., M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 19902 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:00
Last Modified: 18 Sep 2023 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42607

Actions (login required)

View Item View Item