SHEVINNA MAYA SHOFIZZATI, . (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INFORMATION GAP DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas metode Information Gap pada pembelajaran Dokkai II pada mahasiswa semester IV kelas C tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai penerapan metode Information Gap. Menurut Kathryn (1990) Information Gap Activities memberikan latihan menggunakan pola kalimat yang baru dipelajari, kesempatan berbicara, mengurangi dominasi dosen berbicara, kesempatan untuk berinteraksi antar mahasiswa bernegosiasi, dan menjadikan bahasa sasaran dapat dipahami. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Posttest, yaitu sebuah desain penelitian yang dilaksanakan dengan satu kali tes yaitu tes sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Skor rata-rata tes kemampuan akhir mahasiswa setelah diterapkan metode Information Gap adalah 72.46, ini berarti ketuntasan pembelajaran secara klasikal tercapai. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar 9.459, sedangkan t-tabelnya sebesar 2.093. Hasil ini menggambarkan bahwa t-hitung > t-tabel, yang berarti metode Information Gap efektif terhadap peningkatan hasil belajar Dokkai II. Hasil angket menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa (100%) berpendapat bahwa model Information Gap efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Dokkai II. ************** This study aims to determine the effectiveness of the Information Gap method in teaching Dokkai II to fourth-semester students in class C for the academic year 2022/2023. This research also aims to understand students' responses to the implementation of the Information Gap method. According to Kathryn (1990), Information Gap Activities provide practice using newly learned sentence patterns, opportunities for speaking, reducing the dominance of the teacher's talk, chances for interaction among students for negotiation, and making the target language understandable. This research is a pre-experiment with a research design called One Group Posttest, which is a research design conducted with a single test after the treatment. The research results indicate that the average score of students' final ability test after implementing the Information Gap method is 72.46, indicating that the learning mastery has been achieved classically. Based on the data analysis, the obtained t-value is 9.459, while the t-table value is 2.093. This result illustrates that the t-value > t-table, which means that the Information Gap method is effective in improving the learning outcomes of Dokkai II. The questionnaire results show that all students (100%) believe that the Information Gap model is effective in enhancing critical thinking skills in learning Dokkai II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Poppy Rahayu, M.Pd. ; 2). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 20050 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 23:43 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 23:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42620 |
Actions (login required)
View Item |