MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN GAYA KOMANDO PADA SISWA KELAS V DI SDN CIRACAS 11 PAGI

AYU SYAFITRI, . (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN GAYA KOMANDO PADA SISWA KELAS V DI SDN CIRACAS 11 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh menggunakan gaya komando pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas V SDN Ciracas 11 Pagi dengan 18 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciracas 11 Pagi Jakarta Timur pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan gerak dasar lompat jauh meningkat sebanyak 25% dari siklus I yang sebesar 63% dan siklus II yang sebesar 88%. Dengan demikian hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan penggunaan gaya komando dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh. Oleh sebab itu, gaya komando dapat dijadikan penerapan dalam pembelajaran gerak dasar lompat jauh dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa kelas V SD. ***** This study aims to improve the ability of long jump basic movements using command style in 5th grade pupils. The subjects of this study were 32 students of the 5th grade of Ciracas 11 Pagi Elementary School, of which 18 were female students and 14 were male students. This research was conducted at Ciracas 11 Pagi Elementary School, East Jakarta from July to August 2023. The method used in this research is classroom action research, which consists of 2 cycles. The results of the study showed that the percentage of long jump basic movement skills increased by 25% from cycle I which was 63% and cycle II which was 88%. Thus, the results of the study can be stated that the use of command style can improve the ability of long jump basic movement. Therefore, command style can be used as an application in the learning of long jump basic movement skills in the physical education, sport and health classes for elementary school students in the fifth grade.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20487 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2023 11:40
Last Modified: 17 Sep 2023 11:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42626

Actions (login required)

View Item View Item