PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU (TEACHER’S LEADERSHIP) DAN INTEGRITAS (INTEGRITY) TERHADAP STUDENTS’ PERFORMANCE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI JAKARTA

LITA IZZATUNNISA, . (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU (TEACHER’S LEADERSHIP) DAN INTEGRITAS (INTEGRITY) TERHADAP STUDENTS’ PERFORMANCE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Students’ performance yang terangkum dalam prestasi siswa mengalami penurunan sehingga kepemimpinan guru memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah ini. Disamping itu, integritas siswa dapat membangun lingkungan positif dalam proses belajar mengajar sehingga memperoleh students’ performance yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru terhadap students’ performance melalui integritas siswa. Metode yang digunakan adalah metode suvei bersifat kausal, kuantitatif, menggunakan analisis jalur, dengan sampel sebanyak 70 siswa kelas XI MIPA yang diambil secara acak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022-Februari 2023 di SMAN 12 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan guru berpengaruh langsung terhadap students’ performance dengan koefisien path 0,23 secara signifikan pada α=0,1, kepemimpinan guru berpengaruh langsung terhadap integritas siswa dengan koefisien path 0,657 secara signifikan pada α=0,01, integritas siswa berpengaruh langsung terhadap students’ performance dengan koefisien path 0,241 secara signifikan pada α=0,05, dan kepemimpinan guru berpengaruh secara tidak langsung tidak signifikan terhadap students’ performance melalui integritas siswa dengan koefisien path 0,158. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa integritas belum menjadi mediator yang baik antara kepemimpinan guru dengan students’ performance, maka perlu mencari tambahan variasi lain untuk menjadi mediator yang baik. Namun, untuk menjaga dan mengembangkan kualitas students’ performance, kebijakan sekolah sebaiknya dirancang dengan memperhatikan kepemimpinan guru dan integritas siswa. ***** Students’ performance is part of students’ achievement has decreased recently. The teacher has an important role in overcoming these problems and the integrity of students who can build a positive environment in the teaching and learning process. This study aims to determine the effect of teachers’ leadership on students’ performance through student integrity. The method used is a causal survey method with path analysis. This research was conducted in April 2022 until February 2023 at SMAN 12 Jakarta with a research sample of 70 students selected using multistage random sampling technique. The results of this study indicate that teachers leadership has a direct effect on students’ performance with a path coefficient of 0.23 significantly α=0.1, teacher leadership has a direct effect on integrity with a path coefficient of 0.657 significantly at α=0.01, integrity has a direct effect on students’ performance with a path coefficient of 0.241 significantly at α=0.05, and teacher leadership has no significant effect on students' performance through students' integrity with a path coefficient of 0.158. Based on these results, it can be concluded that integrity has not been a good mediator between teachers’ leadership and students’ performance, so it is necessary to look for additional variations to become a good mediator. However, to maintain and develop the quality of students’ performance, school policies should be designed with attention to teacher’s leadership and students’ integrity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Putrawan, ; 2). Daniar Setyo Rini, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 18244 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2023 12:02
Last Modified: 17 Sep 2023 12:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42646

Actions (login required)

View Item View Item