PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF "RAGAM FLOWCHART MULTIMEDIA" UNTUK MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

YODHA NANDINI, . (2023) PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF "RAGAM FLOWCHART MULTIMEDIA" UNTUK MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa poster interaktif dengan materi “Ragam Flowchart Multimedia”. Produk ini dikembangakan untuk dapat memfasilitasi belajar pengguna. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan yaitu mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Need Assessment), Desain (Design), serta Pengembangan dan Implementasi (Development/Implementation) serta evaluasi dan revisi di setiap tahapannya. Evaluasi formatif yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan Review ahli (Expert Review) oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan uji coba pengguna dengan tahap one-to one yang melibatkan 3 mahasiswa Prodi TP UN perwakilan angakatan 2018-2022 dan diakhiri dengan tahap Small group dengan melibatkan 9 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknis wawancara untuk Review Expert dan kuesioner untuk pengguna dengan menggunakan skala Likert 5-1. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran poster yang dihasilkan sudah layak digunakan, dan dapat memfasilitasi belajar mahasiswa S1 TP UNJ. ***** This development research aims to produce a learning media in the form of interactive posters with the material "Variety of Multimedia Flowcharts". This product was developed to be able to facilitate user learning. The main target of the product developed is students of the UNJ Educational Technology S1 Study Program. This development research uses the Hannafin & Peck development model which consists of several stages, namely Need Assessment, Design, and Development / Implementation as well as evaluation and revision at each stage. The formative evaluation carried out in this study is by expert review by material experts and learning media experts. Furthermore, a user trial was carried out with a one-to-one stage involving 3 TP UN Study Program students representing the 2018-2022 class and ended with the small group stage involving 9 students divided into 3 groups. Data collection techniques in this study are technical interviews for Expert Reviews and questionnaires for users using a Likert scale of 5-1. Based on the results of the data obtained in this study, it can be concluded that the poster learning media products produced are suitable for use and can facilitate the learning of S1 TP UNJ students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M.; 2). Diana Ariani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19489 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:07
Last Modified: 20 Sep 2023 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42663

Actions (login required)

View Item View Item