ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW)

RACHMAWATI ATIKA SARI, . (2023) ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kemampuan gerak dasar sangatlah penting pada anak-anak karena akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan gerak yang lebih kompleks bagi seorang individu. keterampilan gerak dasar ialah kemampuan atau keterampilan seorang anak dalam melakukan rangkaian gerakan yang melibatkan berbagai bagian tubuh dan memberikan dasar untuk mencapai kompetensi untuk berkembang secara normal, menjaga kesehatan, dan mendapatkan keunggulan, keterampilan gerak dasar sangat penting dalam perkembangan fisik anak, salah satu gerak dasar yaitu gerak lokomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji menganai pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar gerak lokomotor siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan dengan menganalisis isi dengan mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan isi data yang telah dikaji. Pada hasil penelitian melalui jurnal dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif efeketif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. ***** The development of basic motor skills is very important in children because it will greatly affect the development of more complex motor skills for an individual. Basic movement skills are the abilities or skills of a child in carrying out a series of movements that involve various parts of the body and provide the basis for achieving competency to develop normally, maintain health, and gain excellence, basic movement skills are very important in a child's physical development, one of the basic movements i.e. locomotor movements. The purpose of this study was to examine the effect of the cooperative learning model on the locomotor abilities of elementary school students. The data analysis technique used is to analyze the content by identifying, classifying, interpreting and concluding the contents of the data that has been studied. In the results of research through journals, it can be concluded that the cooperative learning model is effectively used in improving locomotor abilities in elementary students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd. ; 2). Prayuningtyas Angger W, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20521 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:06
Last Modified: 18 Sep 2023 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42679

Actions (login required)

View Item View Item