PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK

Andri Sulistiyo, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Skripsi (Andri Sulistiyo).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Gambar Teknik di SMK N 2 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen, dengan sampel sebanyak 70 orang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitas dan reabilitas soal. Melalui validitas 50 soal, diambil 48 soal yang valid namun hanya 30 soal yang digunakan sebagai bahan tes. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji “t” berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 7,96 dan ttabel sebesar 1,995 sehingga thitung >ttabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan antara model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Gambar Teknik. Hal ini menunjukkan pengaruh terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:30
Last Modified: 23 Oct 2019 14:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item