PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA

ELDA DIA SAFITRI, . (2023) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Elda Dia Safitri, Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Minat Belajar Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Membaca Teks Arab Siswa SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengaruh kemampuan membaca al-qur’an dan Minat Belajar Bahasa Arab Terhadap keterampilan membaca teks arab di SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur yang digunakan untuk menganalisis pola hubungan (pengaruh) langsung dan tidak langsung antara Konstruk Eksogen dan Konstruk Endogen. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart PLS (Partial Least Square). Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII ABC di SMP Muhammadiyah 5 Jakarta pada tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah siswa sebanyak 106 siswa dan sampel sebanyak 41 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Hasil koefisien jalur (Path Coefficient) konstruk X1 pada Y = 0,917. Nilai t hitung = 21,358> 1,96 dan nilai P value = 0,000< 0,005. Oleh karena itu, secara langsung, kemampuan membaca Al-Qur'an (X1) mempengaruhi keterampilan membaca teks Arab (Y). Hasil koefisien jalur konstruk X1 pada X2 = 0,295. Nilai t hitung= 1,830< 1,96 dan nilai P value = 0,007 > 0,005 Maka hubungannya tidak signifikan. Oleh karena itu secara langsung, kemampuan membaca Al-Qur'an (X1) tidak berpengaruh pada minat belajar bahasa Arab (X2). Hasil koefisien jalur konstruk X2 pada Y = 0,029. Nilai t hitung = 0,413 < 1,96 dan nilai P value = 0,680 > 0,005. Maka hubungannya tidak signifikan. Oleh karena itu secara langsung, minat belajar bahasa Arab (X2) tidak berpengaruh pada keterampilan membaca teks Arab (Y). Hasil koefisien jalur konstruk X1 terhadap Y melalui konstruk X2 = 0,009, perhitungan t hitung = 0,305 < 1,96 dan nilai P value = 0,760 > 0,005 dan hubungannya signifikan. Oleh karena itu secara tidak langsung, kemampuan membaca Al-Qur'an (X1) tidak mempengaruhi keterampilan membaca teks Arab (Y) jika melalui minat dalam bahasa Arab (X2). Kata kunci: Pengaruh, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Minat Belajar Bahasa Arab, Keterampilan Membaca Teks Arab. ***** Elda Dia Safitri, Influence The Ability To Read The Qur'an And The Interest In Learning Arabic To Students Arabic Text Reading Skills at SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Thesis. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta, 2023. This study aims to obtain data on Influence the ability to read the Qur'an and the interest in learning Arabic on the skill of reading Arabic texts at SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. This type of research is quantitative research and the data analysis method used in this study is path analysis used to analyze patterns of direct and indirect relationships (influences) between Exogenous Constructs and Endogenous Constructs. Data processing using Smart PLS (Partial Least Square) application. The population in this study is all grade VIII ABC students at SMP Muhammadiyah 5 Jakarta in the 2022-2023 school year with a total of 106 students and a sample of 41 students using the simple random sampling technique. The result of the construct path coefficient X1 at Y = 0.917. The calculated t count = 21.358> 1.96 and the P value = 0.000< 0.005. Therefore directly, the ability to read the Qur'an (X1) affects the skill of reading the Arabic text (Y). The result of the construct path coefficient X1 at X2 = 0.295. The calculated t count = 1.830< 1.96 and the P value = 0.007 > 0.005 Then the relationship is not significant. Therefore, directly, the ability to read the Qur'an (X1) has no effect on interest in learning Arabic (X2). The result of the construct path coefficient X2 at Y = 0.029. The calculated t count = 0.413 < 1.96 and the P value = 0.680 > 0.005. Then the relationship is not significant. Therefore directly, interest in learning Arabic (X2) has no effect on the skill of reading Arabic text (Y). The result of the construct path coefficient X1 to Y through the construct X2 = 0.009, the calculation t count = 0.305 < 1.96 and the P value = 0.760 > 0.005 and the relationship is significant. Therefore indirectly, the ability to read the Qur'an (X1) does not affect the skill of reading Arabic texts (Y) if through interest in Arabic (X2). Keywords: Influence, ability to read the Qur'an, interest in learning Arabic, skills in reading Arabic texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Jubaidah,M.A. ; 2). Andri Ilham, S.S.MA.Hum.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20493 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:09
Last Modified: 21 Sep 2023 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42714

Actions (login required)

View Item View Item