PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN TARI (Penelitian Tindakan Pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Cijeruk di Kabupaten Bogor Tahun 2023)

JULITA NASYWA HERMAWAN, . (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN TARI (Penelitian Tindakan Pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Cijeruk di Kabupaten Bogor Tahun 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah suatu kemampuan untuk memahami serta mengetahui perbedaan maksud, suasana hati, motivasi, dan perasaan orang lain. Tanpa kecerdasan interpersonal peserta didik akan mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan kerjasama dan komunikasi bersama teman sebayanya. Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI melalui pembelajaran tari secara berkelompok, diinovasikan dengan menggunakan ice breaking dan games. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif, memiliki strategi belajar sendiri, aktif berpartisipasi dalam kelompok yang membangun keterampilan berdiskusi, pemeliharaan kelompok, serta membangun keterampilan komunikasi interpersonal, serta dapat meningkatkan ekspresif dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran tari dan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran tari melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Cijeruk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin, menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dengan jumlah peserta didik 33. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal peserta didik dengan memperoleh hasil rata-rata skor pada pra siklus sebesar 71, siklus I sebesar 79, dan siklus II sebesar 87. Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI IPS 2 dalam aspek 1)Bekerjasama, 2)Simpati dan empati, 3)Menghargai orang lain, 4)Keterampilan berinteraksi. Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal, Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kelompok, Pembelajaran Tari ***** Interpersonal intelligence is the ability to understand and recognize differences in the intentions, moods, motivations and feelings of other people. Without interpersonal intelligence students will experience difficulties in establishing cooperative relationships and communication with their peers. The problem-based learning model can improve the interpersonal intelligence skills of class XI students through group dance learning, innovated by using ice breaking and games. The problem-based learning model is a learning model that can develop students' ability to think creatively, have their own learning strategies, actively participate in groups that build discussion skills, group maintenance, and build interpersonal communication skills, and can increase expressiveness and motivation of students' learning. The purpose of this study is to describe the application of problem-based learning models in increasing interpersonal intelligence in dance learning and to increase interpersonal intelligence in dance learning through the application of problem-based learning models to students in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Cijeruk. This study uses a class action research method with the Kurt Lewin model, using descriptive qualitative data analysis and descriptive quantitative statistical analysis. Data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires, and documentation. This research was conducted in two cycles with 33 students. The results showed that there was an increase in students' interpersonal intelligence by obtaining an average score in the pre-cycle of 71, cycle I of 79, and cycle II of 87. Problem-based learning model can improve the interpersonal intelligence of class XI IPS 2 students in the aspects of 1) Collaboration, 2) Sympathy and empathy, 3) Respect for others, 4) Interaction skills. Keywords: Interpersonal Intelligence, Classroom Action Research, Problem Based Learning Models, Groups, Dance Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 20764 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 00:40
Last Modified: 22 Sep 2023 00:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42741

Actions (login required)

View Item View Item