NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS 10 DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI ARAB SAUDI (ANALISIS ISI)

MAULIDIA SALSABILA, . (2023) NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS 10 DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI ARAB SAUDI (ANALISIS ISI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memperoleh deskripsi yang jelas mengenai muatan macam–macam nilai pendidikan karakter yang tercantum dalam buku bahasa Arab berbasis karakter yang dirancang untuk siswa kelas 10 SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) Arab Saudi karya Dr. Nuruddin, M. A., Prof. Dr. Budiaman, M. Si., dan Fitria Fajrina, M.Ed. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif melalui analisis isi. Kemudian, penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada teks-teks keterampilan qiroah dalam buku bahasa Arab berbasis karakter untuk siswa kelas 10 di Sekolah Indonesia Luar Negeri, Arab Saudi. Adapun Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan menggunakan tabel data klasifikasi yang terdiri dari 5 jenis pokok nilai Pendidikan karakter menurut gerakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), yaitu; nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Penulis menemukan banyak nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku bahasa Arab berbasis karakter untuk siswa kelas 10 SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) Arab Saudi yaitu Nilai pendidikan karakter religius (hubungan individu dengan Tuhan, individu dengan sesama, dan individu dengan alam semesta (lingkungan)) terdapat 14 ungkapan.Nilai pendidikan karakter Nasionalis (sikap individu kepada lingkungan sosial seperti; masyarakat, bangsa dan negara) terdapat 12 ungkapan.Nilai pendidikan karakter mandiri (sikap kepada diri sendiri dalam meningkatkan kualitas diri dan tidak bergantung dengan keputusan orang lain) terdapat 14 ungkapan. Nilai pendidikan karakter gotong royong (Proses suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk mencapai hasil yang diinginkan) terdapat 11 ungkapan. Dan (5) Nilai pendidikan karakter integritas (kepatuhan diri terhadap komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral) terdapat 11 ungkapan. ***** This study aims to understand and obtain a clear description of the content of various character education values contained in the character-based Arabic language books designed for 10th grade students of Indonesian Overseas School in Arab Saudi. The writing of Dr. Nuruddin, M. A., Prof. Dr. Budiaman, M. Si., and Fitria Fajrina, M.Ed. The method used in this research is a qualitative descriptive analysis method through content analysis.Then, this research focuses on the character education values contained in the texts of reading skills in the character-based on the Arabic language book for grade 10 students at the Indonesian Overseas School in Arab Saudi. The instrument of this research is the researcher herself, who is assisted by using classification data tables consisting of 5 main types of character education values according to the PPK (Strengthening Character Education) movement, namely; religious values, nationalist values, independent values, mutual cooperation values, and integrity values. The author found many character education values in the character-based Arabic language book for 10th grade students at the Indonesian Overseas School in Arab Saudi which is in religious character education values there are 14 phrases. In nationalist character education values there are 12 phrases. In independent character education values there are 14 phrases. In mutual cooperation character education values there are 11 phrases. In integrity character education values there are 11 phrases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Failasuf, M.Pd.; 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20754 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:26
Last Modified: 20 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42798

Actions (login required)

View Item View Item