PEMANFAATAN YOUTUBE LITTLE FOX CHINESE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA MANDARIN DI SMK NEGERI 41 JAKARTA

ANNISA FITRAH RAMADHAN, . (2023) PEMANFAATAN YOUTUBE LITTLE FOX CHINESE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA MANDARIN DI SMK NEGERI 41 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Annisa Fitrah Ramadhan. 2023. Pemanfaatan Youtube Little Fox Chinese dalam Pembelajaran Kosakata pada Praktik Keterampilan Mengajar Bahasa Mandarin di SMK Negeri 41 Jakarta. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Setiap pembelajaran membutuhkan media yang relevan agar proses pembelajaran berjalan efektif dan tujuan pembelajaran tercapai. Dewasa ini, Youtube menjadi salah satu media pembelajaran berbasis internet yang banyak digunakan. Saat mengikuti Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di SMK Negeri 41 Jakarta, peneliti memanfaatkan Youtube Little Fox Chinese dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan Youtube Little Fox Chinese pada PKM mata pelajaran bahasa Mandarin di SMK Negeri 41 Jakarta. Lingkup pemanfaatan dalam penelitian ini mencakupi perencanaan dan pelaksanaan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kondisi pembelajaran bahasa Mandarin saat kegiatan PKM di kelas X SMK Negeri 41 Jakarta pada semester ganjil 2022/2023. Data observasi mencakupi informasi mengenai kondisi peserta didik kelas X saat pemanfaatan Youtube Little Fox Chinese dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Peneliti mengacu pada teori Reynolds & Anderson dalam menyusun instrumen tabel observasi penerapan, dan teori Hasan dalam menyusun tabel observasi pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 7 video Youtube Little Fox Chinese yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di SMK Negeri 41 Jakarta. Video yang digunakan mampu membantu peserta didik dalam menghafal dan menguasai kosakata bahasa Mandarin serta memberikan kesan bahwa belajar bahasa Mandarin menyenangkan. Berdasarkan observasi, diketahui bahwa kosakata bahasa Mandarin yang dipelajari relatif banyak dan tidak semua kosakata ada dalam video yang digunakan. Dengan mempertimbangkan data observasi yang diperoleh, akan lebih ideal jika pengajar memanfaatkan video dari sumber lain dengan lebih variatif. Ketika terdapat kosakata yang dipelajari namun tidak ada dalam video, sebaiknya pengajar menuliskan kosakata tersebut pada papan tulis atau Powerpoint lengkap dengan artinya. Kata Kunci: video pembelajaran, Youtube, Little Fox Chinese, pembelajaran kosakata bahasa Mandarin, praktik keterampilan mengajar ***** Annisa Fitrah Ramadhan. 2023. Utilization of Youtube Little Fox Chinese in vocabulary learning in Chinese Teaching Skills Practice at Vocational High School 41 Jakarta. Thesis, Chinese Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. Every learning requires relevant media so that the learning process runs effectively and the learning objectives are achieved. Nowadays, Youtube is one of the most widely used internet-based learning media. While participating in the Teaching Skills Practice (PKM) at Vocational High School 41 Jakarta, researchers utilized Youtube Little Fox Chinese in learning Chinese vocabulary. The purpose of this study is to describe how the utilization of Youtube Little Fox Chinese in the PKM of Mandarin subject at Vocational High School 41 Jakarta. The scope of utilization in this study includes planning and implementation. This research is a descriptive qualitative research with interview and observation methods. The data source in this study is the condition of Chinese learning during PKM activities in class X of Vocational High School 41 Jakarta in the odd semester of 2022/2023. Observation data includes information about the condition of class X students when utilizing Youtube Little Fox Chinese in learning Chinese vocabulary. The researcher refers to Reynolds & Anderson's theory in compiling the application observation table instrument, and Hasan's theory in compiling the implementation observation table. The results showed that there are 7 Youtube videos of Little Fox Chinese used in learning Chinese vocabulary at Vocational High School 41 Jakarta. The videos used are able to help students memorize and master Chinese vocabulary and give the impression that learning Chinese is fun. Based on observation, it is known that the Chinese vocabulary learned is relatively large and not all vocabulary is in the video used. Taking into account the observation data obtained, it would be ideal if the teacher utilizes videos from other sources with more variety. When there is vocabulary that is learned but not in the video, the teacher should write the vocabulary on the blackboard or Powerpoint complete with the meaning. Keywords: learning video, Youtube, Little Fox Chinese, Mandarin language learning, teaching skills practice

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ayu Trihardini, M.A. ; 2). Rendy Aditya, B.TCFL., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 20777 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:17
Last Modified: 20 Sep 2023 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42801

Actions (login required)

View Item View Item