MUATAN BUDAYA TIONGKOK DALAM FILM MATERI AJAR MATA KULIAH AUDIO VISUAL BAHASA MANDARIN

ERSALINA DWI NUKIYANTI, . (2023) MUATAN BUDAYA TIONGKOK DALAM FILM MATERI AJAR MATA KULIAH AUDIO VISUAL BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dwi Nukiyanti, Ersalina. 2023. Muatan Budaya Tiongkok Dalam Film Materi Ajar Mata Kuliah Audio Visual Bahasa Mandarin. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Pembelajaran adalah interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam proses pembelajaran bahasa, materi ajar yang digunakan dapat terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satu bentuk materi ajar adalah film. Film dapat menyajikan konten menarik melalui visual, alur cerita, dan budaya dari suatu kelompok masyarakat. Pembelajaran budaya merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran bahasa, karena bahasa merupakan produk dari budaya. Skripsi ini memaparkan bahwa film yang digunakan sebagai materi ajar Mata Kuliah Audio Visual Bahasa Mandarin, yakni film Youth (2017) dan Youth Never Returns (2015) memiliki perbedaan jumlah dan wujud budaya aktivitas yang dilakukan oleh tokoh utama pemuda. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang waktu dan kondisi sosial serta politik pada masa itu. Skripsi ini menggunakan metode analisis isi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi massa. Skripsi ini bertujuan untuk untuk mengetahui muatan budaya yang terkandung dalam film yang menjadi materi ajar pada Mata Kuliah Audio Visual Bahasa Mandarin. Kata Kunci: muatan budaya Tiongkok, materi ajar audio visual, bahasa Mandarin. ***** ABSTRACT Dwi Nukiyanti, Ersalina. 2023. Chinese Cultural Content in Teaching Material’s Movie for Chinese Language Audio Visual Subject. Undergraduate Thesis. Jakarta: Department of Chinese Language Education. Faculty of Language and Arts. State University of Jakarta. Learning is an interaction carried out by teachers and students either directly or indirectly. In the process of learning a language, the teaching materials used can consist of various types. One form of teaching material is film. Films can present interesting content through visuals, storylines, and the culture of a community group. Cultural learning is one of the important things in language learning, because language is a product of culture. This thesis explains that the films used as teaching material for the Mandarin Audio Visual Course, namely the films Youth (2017) and Youth Never Returns (2015) have differences in the number and form of cultural activities carried out by the main youth characters. This was influenced by differences in time and social and political conditions at that time. This thesis uses the content analysis method. The theory used is the theory of mass communication. This thesis aims to determine the cultural content contained in films which are used as teaching material for the Mandarin Audio Visual Course. Keywords: Chinese cultural content, audio-visual teaching materials, Chinese language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL. ; 2). Hasan, S.Sos., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 20599 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:53
Last Modified: 21 Sep 2023 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42851

Actions (login required)

View Item View Item