Agustiningsih Pratami Goloa, 1207619044, 2023. MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DALAM MATERI PEMBELAJARAN UNSUR PENDUKUNG TARI.Skripsi, Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

AGUSTININGSIH PRATAMI GOLOA, . (2023) Agustiningsih Pratami Goloa, 1207619044, 2023. MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DALAM MATERI PEMBELAJARAN UNSUR PENDUKUNG TARI.Skripsi, Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan yang ada pada peserta didik kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 2 Depok, yaitu kurangnya kerjasama dalam cara belajar. Permasalahan ini terjadi karena media dan metode pembelajaran di sekolah belum mengarah kepada aktivitas yang memerlukan kerjasama, pembelajaran yang monoton membuat siswa bosan, maka pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam cara dan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dalam materi unsur pendukung tari, yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan berpijak pada desain intervensi tindakan dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing), serta refleksi (Reflecting). Penelitian berlangsung mulai bulan Februari sampai bulan Mei 2023 di SMA Negeri 2 Depok, Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui proses pembelajaran dalam materi unsur pendukung tari sebanyak 4 kali pertemuan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran snowball throwing dalam materi unsur pendukung tari dapat meningkatkan kerjasama siswa hal ini berdasarkan hasil pada pra siklus 40% kemudian meningkat pada siklus I 75% dan siklus II menjadi 94%. Hasil yang didapat interpretasikan bahwa metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kerjasama siswa yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode pembelajaran snowball throwing bisa menjadi manfaat dan bisa menjadi cara belajar bagi semua siswa terutama untuk meningkatkan kerjasama, hal ini karena metode snowball throwing mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil pembelajaran menggunakan materi unsur pendukung tari. Kata Kunci : Kerjasama, Metode Snowball Throwing, dan Unsur Pendukung Tari. ***** This research raised the problem that exists in the students of class X MIPA 4 in State High School 2 Depok, which is the lack of cooperation in the way of learning. This problem occurs because the media and methods of learning in schools have not yet led to activities that require cooperation, learning that is monotonous makes students bored. This study aims to improve student cooperation in the way and process of learning using the method of learning snowball throwing in the material of supporting dance elements, which is beneficial to enhancing the ability of students to cooperate. This study uses the method of Class Action Research (PTK) by separating the action intervention design of Kurt Lewin, which consists of two cycles and each cycle has four stages, namely planning (Planning), action (Action), observation (Observing), and reflection. (Reflecting). The research took place from February to May 2023 at State High School 2 Depok, West Java. Data is collected through the learning process in the dance support element material over 4 meetings over 2 cycles. The data collection techniques used in this study are lifting, observation, and interviews. The results of the research showed that the application of the method of learning snowball throwing in the dance supporting element material can improve student cooperation based on the results at pre-cycle 40%, increasing at cycle I to 75%, and at cycle II to 94%. The results indicated that the method of learning snowball throwing could significantly enhance student collaboration. The conclusion of this study is that the method of learning snowball throwing can be beneficial and can be a way of learning for all students, especially to enhance cooperation. This is because the method of learning snowball throwing has experienced a significant improvement, as demonstrated by the learning results using dance supporting elements. Keywords: Collaboration, Snowball Throwing Method, Dance Support Elements

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rahmida Setiawati, MM. ; 2). Dra. Nursilah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 20770 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:19
Last Modified: 22 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42908

Actions (login required)

View Item View Item