PENGEMBANGAN NANO-LEARNING PADA MATERI PROSES BISNIS DI BIDANG AKUNTANSI UNTUK KELAS X AKL SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI

JERRY SHUTAN, . (2023) PENGEMBANGAN NANO-LEARNING PADA MATERI PROSES BISNIS DI BIDANG AKUNTANSI UNTUK KELAS X AKL SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (5)-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (17)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Nano-Learning pada materi Proses Bisnis untuk Peserta Didik kelas X AKL di SMK Pembangunan Jaya YAKAPI. Produk Nano-Learning pada materi Proses Bisnis yang dikembangkan menggunakan model Hannafin and Peck yang memiliki tiga tahapan utama, yaitu Need Assesment, Design dan Development/Implementation. Produk Nano-Learning ini telah melalui tahap evaluasi formatif untuk mengetahui kekurangan produk, kemudian dilakukan perbaikan berdasarnakn saran yang melibatkan para ahli (ahli materi dan ahli media) dan pengguna (Peserta Didik Kelas X AKL SMK Pembangunan Jaya YAKAPI) dengan menggunakan angket semi terbuka. Hasil uji coba ahli (materi dan media) dan uji coba pengguna (one to one dan small group) dengan menggunakan Skala Likert 4 sampai 1 dengan hasil dari ahli materi yaitu memperoleh nilai 3.98 (sangat baik) dan ahli media memperoleh nilai 3.76 (sangat baik). Kemudian pada tahap uji coba pengguna (one to one dan small group) hasil uji coba dari one to one memperoleh nilai 3,77 (sangat baik), dan small group memperoleh nilai 3.87 (sangat baik). Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa produk Nano-Learning pada materi Proses Bisnis ini sudah sangat baik dan dapat digunakan untuk Peserta Didik kelas X AKL SMK Pembangunan Jaya YAKAPI. ***** This development research aims to produce products in the form of Nano-Learning: Business Process on Accounting Class Subject for 10th Grade AKL at SMK Pembangunan Jaya YAKAPI. Nano-Learning products on Business Process Materials developed using the Hannafin and Peck model which has three main stages, namely Need Assessment, Design and Development/Implementation. This Nano-Learning product has gone through a formative evaluation stage to determine product deficiencies, then made improvements based on suggestions involving experts (material experts and media experts) and users (students of 10th Grade AKL SMK Pembangunan Jaya YAKAPI) using a semi-open questionnaire. The results of expert review (material and media) and user trials (one to one and small group) using a Likert scale of 4 to 1 with the results of the material experts who obtain a score of 3.98 (very good) and media experts obtain a score of 3.76 (very good). Then in the user testing phase (one to one and small group) the test results from one to one obtained a score of 3.77 (very good), and small group obtained a score of 3.87 (very good). The results of the formative evaluation showed that Nano-Learning products on Business Process Materials are very good and can be used for students of 10th Grade AKL SMK Pembangunan Jaya YAKAPI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diana Ariani, M.Pd.; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 20016 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:18
Last Modified: 22 Sep 2023 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42935

Actions (login required)

View Item View Item