PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLA LANTAI MENGGUNAKAN APLIKASI PYWARE 3D INTERACTIVE PADA GURU SENI BUDAYA TINGKAT SMP

FITRIA KHUSNUL KHOTIMAH, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLA LANTAI MENGGUNAKAN APLIKASI PYWARE 3D INTERACTIVE PADA GURU SENI BUDAYA TINGKAT SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas permasalahan mengenai penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional pada materi pola lantai menjadi hal utama selama pembelajaran. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan ini agar nantinya dapat berguna bagi siapapun yang membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses dan menganalisis hasil uji kelayakan pengembangan media pembelajaran tari menggunakan aplikasi Pyware 3D Interactive pada materi pola lantai. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation) yang dilakukan dengan membatasi sampai tahap uji coba skala kecil. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini dengan observasi dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan berdasarkan hasil uji coba skala kecil dari penilaian ahli pembelajaran dan ahli media dengan hasil “Sangat Layak”. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Pyware 3D Interactive untuk pembelajaran pola lantai tari “Layak” digunakan, karena memiliki banyak fitur yang dapat membantu peserta didik dan guru dalam mengoptimalkan keterampilan. ***** This thesis discusses problems of using conventional learning media in floor pattern material is the main thing during learning. So that researchers are interested in studying this problem so that later it can be useful for anyone who reads it. The purpose of this study to explain the process and analyze the results of the feasibility test for the development of dance learning media based on the Pyware 3D Interactive application on floor pattern material. The research method used is research and development or R&D (Research and Development) with the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. This is done by limiting it to the small-scale trial stage. Data collected for this study by observation and questionnaires. The results of the study show that learning media is feasible to use based on the results of small-scale trials from the assessment of learning experts and media experts with the result "Very Feasible". The conclusion from this study is that learning media based on the Pyware 3D Interactive application for learning dance floor patterns is “Worth: using, because it has many features that can help students and teachers optimize skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Tari
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 20834 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:12
Last Modified: 02 Oct 2023 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43014

Actions (login required)

View Item View Item