PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI LABIRIN UNTUK PEMBELAJARAN SHARAF 1 MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2

AYU BELA SAFITRI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI LABIRIN UNTUK PEMBELAJARAN SHARAF 1 MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media evaluasi labirin untuk pembelajaran Sharaf 1 menggunakan aplikasi construct 2 di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan Media Evaluasi yang menyenangkan, inovatif, interaktif, dan menarik serta memotivasi mahasiswa. Penelitian Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan Kuesioner, Wawancara, dan Observasi. Data kuantitatif dan kualitatif di analisis menggunakan skala Likert. Berdasarkan kesimpulan data penelitian, peneliti memperoleh : 1) Analisis kebutuhan mahasiswa dari 25 mahasiswa angkatan 2021 program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, menyatakan bahwa mahasiswa menyetujui jika dikembangkan media evaluasi sharaf 1 berbasis permainan labirin. Maka dari itu diperlukan adanya pengembangan media evaluasi labirin untuk pembelajaran sharaf 1 menggunakan aplikasi construct 2. 2) Desain media evaluasi labirin dimulai dari menentukan materi sharaf 1 yang akan di evaluasi sampai membuat desain layar media evaluasi labirin. 3) Pengembangan media evaluasi labirin mulai dari menyiapkan pertanyaan di Powerpoint sampai merancang desain permainan labirin langsung di aplikasi Construct 2. 4) Implementasi Media Evaluasi Labirin oleh 25 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2021 dengan cara tidak langsung. 5) Evaluasi media evaluasi labirin berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi memperoleh hasil 87,5% dengan kategori “sangat baik”. Validasi yang telah dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil 86,25% dengan kategori “sangat baik” sedangkan penilaian siswa terhadap media evaluasi labirin memperoleh hasil 90% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, produk media evaluasi labirin dengan menggunakan aplikasi construct 2 yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sharaf 1. ***** This study aims to develop a labyrinth evaluation media for learning Sharaf 1 using construct 2 application in the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. This research was conducted to create an evaluation media that is fun, innovative, interactive, interesting as well as motivating students. This development research uses the R&D with ADDIE model which consists of 5 stages, namely 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) Implementation, and 5) evaluation. Data collection techniques used by questionnaires, interviews, and observations. Quantitative and qualitative data were analyzed using a Likert scale. Based on the conclusions of the research data, the researches obtained : 1) An analysis of student needs from 25 students of the 2021 batch of Arabic language education study programs at the Jakarta State University, showing that the student agrees if developing an evaluation media of sharaf 1 learning based on labyrinth game. Therefore, it is necessary to develop a labyrinth evaluation media for learning Sharaf 1 using construct 2 application. 2) The design of the labyrinth evaluation media starts from determining the material for sharaf 1 to be evaluated to making the design of the labyrinth eevaluation media screen. 3) The development of labyrinth evaluation media starts from preparing questions in powerpoint to designing labyrinth game designs directly in the construct 2 application. 4) The Implementation of labyrinth evaluation media by 25 students of the Arabic language education study program in force 2021 in an indirect way. 5) The evaluation of labyrinth evaluation media based on validation that has been done by material experts get results 87,5% in the “very good” category. And the validation that has been done by media experts get results 86,25% in the “very good” category. While the student’s assessment of the labyrinth evaluation media obtained 90% results in the “very good” category. Therefore, the labyrinth evaluation media for learning Sharaf 1 using construct 2 application that has been developed by researches is suitable for use in the Sharaf 1 learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A ; 2). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20779 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2023 00:34
Last Modified: 03 Oct 2023 00:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43045

Actions (login required)

View Item View Item